Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

All About Penyakit Puli Mulai Oleng, Peyang Hingga Belah

Editor - Jumat, 12 Maret 2010 | 09:43 WIB
No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Bulat, berputar-putar dan menghubungkan beberapa komponen yang bergerak. Umumnya di bagian mesin puli ini digunakan sebagai penggerak komponen yang dihubungkan dengan belt yang bersumber dari putaran kruk-as.

“Karena dikencangkan beltnya dan dipakai bertahun-tahun, puli bisa rusak,” terang Iqbal dari bengkel OSS di Jln Panjang, Jakbar.

DAMPER BELAH

Tampak seperti sepele, puli hanya sebagai tempat bertenggernya belt yang memutar komponen-komponen di mesin yang perlu bergerak simultan dengan kruk-as, seperti pompa air, kompresor AC serta pompa power steering bagi yang belum menganut EPS (gbr.1).

Namun, selain itu ada hal yang perlu diperhatikan pada puli ini. Yaitu kinerjanya, ketika sudah dipakai cukup lama, bukan tak mungkin puli akan oleng, atau peyang. “Bisa jadi satu puli tertarik ke berbagai arah, tergantung posisi puli lainnya,” jelas Iqbal.

No caption
No credit
No caption

Gbr 1
No caption
No credit
No caption

Gbr 2
No caption
No credit
No caption

Gbr 3

Gbr 4

Umumnya puli itu ketika menjadi titik tengah dari puli lain (gbr.2). Seperti puli pompa air yang beltnya terhubung juga dengan kompresor AC dan kruk-as. Nah, dari kompresor AC ini umumnya kekencangan belt bisa disetel. Efeknya, ketika sering disetel, bukan tak mungkin puli pada pompa air akan tertarik dan menjadi oleng.

Buntutnya pompa air akan ikutan rusak, karena putarannya tidak normal (gbr.3). Itu pada puli yang boleh dibilang sekunder alias tidak sebagai penggerak utama. Puli utama tentu adalah puli kruk-as yang memang menjadi pusat penggerak bagi puli-puli lainnya di mesin.

Pada beberapa model puli ini memiliki damper berupa karet (gbr.4). tujuannya tentu tak lain sebagai peredam getaran juga sebagai peranti fleksibel ketika puli ini mendapat tegangan dari belt-belt yang berhubungan dengannya.

Perlu diperhatikan, damper karetnya ini, tak boleh getas dan retak, sebab kalau retak atau sobek, maka bagian dalam dan luar puli akan terlepas dan seluruh puli lain tak akan bisa bekerja.

Penulis/Foto: Ben / Reza

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa