Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mobil Koleksi Keraton Kasunanan Surakarta (Keraton Solo), Antik dan Unik Penuh Mistik

billy - Rabu, 8 Februari 2012 | 07:01 WIB
No caption
No credit
No caption


Takjub juga bangga ketika OTOMOTIF berkesempatan mengintip mobil koleksi Keraton Kasunanan Surakarta (Keraton Solo). Pasalnya di sana koleksinya antik dan langka. Ada Fiat 1907, lalu Royal Chrysler limousine 1937, serta Mercedes Benz 190 (yang ngetop disebut Mercy kentang) 1955 dan lainnya. Mobil-mobil tersebut tersimpan dalam ruangan Gedong Gitoswandhono. Sayangnya kondisinya sebagian sudah tidak layak jalan lagi. Selain itu juga ada hal-hal mistik yang melingkupinya.

Paling antik Fiat yang bertuliskan Kyai Wimonosoro 1907. Menurut KGPH Puger BA, seorang kerabat keraton Solo, mobil yang bentuknya mirip kereta kuda itu (tapi di bagian depan ada hidungnya untuk ruang mesin) milik Paku Buwono X (PBX).

Sedikit agak membingungkan, pada gril tertera 1907. Namun spek data yang terdapat di bagian belakang mobil berwarna kuning gading itu tertera 1807. Ada tertulis sedikit spek teknisnya. Seperti mesin 4 silinder, bodi handmade, serta cat orisinal. Data lain, berbahan bakar bensin dan menggunakan rantai sebagai penyalur tenaga.

Headlamp-nya mirip lentera, menyalakannya mesti menggunakan karbit. Interior berlantai kayu, terbagi dua ruang. Kabin depan tempat pengemudi, belakang penumpang. Joknya model sofa, lebar dan nampaknya empuk. Kebayang tuh PB X duduk di situ ketika Fiat ini berjalan. Oh ya pada foot step kiri terdapat jok kecil. Itu buat pengawal, yang konon bertugas membuka tutup pintu mobil.

Sayangnya kondisi bodi Fiat yang terbuat dari kayu, tak lagi mulus. Terdapat rongga (bolong) di sisi bawah fender belakang. Terkait itu, Gusti Puger, begitu sapaannya, berencana membangun Fiat langka itu. “Pertama saya coba ekspos dulu supaya publik tahu. Kami mengupayakan terkoneksi dengan yang berkepentingan. Mungkin dengan Fiat di Italia sana. Atau pihak lain termasuk pemerintah yang mungkin tergerak untuk melestarikan,” ujarnya.

Tak hanya itu Royal Chrysler limousine lansiran 1937 berwarna hitam juga menarik perhatian. Menurutnya lagi, mobil klasik buatan Amerika itu milik PB XI, yang dibeli bukan hasil pemberian.

Kondisinya lebih lumayan. Cat hitam asli sedan berplat nomor AD 20 tersebut masih utuh. Walaupun sedikit lusuh pada beberapa sisi. “Mesinnya 6 silinder 4.000 cc karburator. Konsumsi bahan bakarnya sekitar 1:6,” terang Abdullah Kamsidi, anggota PPMKI Solo yang kebetulan pernah merawat Chrysler serta Mercedes lansiran 1955, yang terpisah ditemui.

Uniknya pula, mobil yang emblem bodinya masih lengkap itu terdapat sekat kaca antara ruang kabin pengemudi dan kabin penumpang. “Tujuannya supaya kalau penumpang berbicara, supir tak bakal dengar,” tutup Dullah begitu sapaannya.

Aroma mistik juga melingkupi mobil-mobil ini. Seperti untaian bunga melati yang selalu digantung di handle pintu Fiat setiap kamis. Katanya sih supaya menimbulkan bau harum dan wangi. “Sehingga ‘penunggunya’ betah di situ,” terang Gusti Puger.

Selain itu setiap mau dibawa ke luar seperti ikut pameran, harus dilakukan ritual wilujengan atau selamatan. Tujuannya untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan. Hii… (mobil.otomotifnet.com) 



Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa