Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Deselerasi dan Pengereman, Jadi Bagian Tersulit Bagi Marquez

Bagja - Senin, 17 Desember 2012 | 15:57 WIB
No caption
No credit
No caption


Ketika menjalani sesi tes menjelang libur akhir musim di Sirkuit Sepang, Malaysia beberapa waktu lalu, Marc Marquez, mampu tampil impresif dengan pencapaian lap time lebih baik dari Alvaro Bautista yang juga mengikuti pengetesan tersebut. Meski demikian itu belum bisa jadi patokan, sebab banyak hal yang masih akan berubah pada performa motor.

Berbicara tentang kelancaran sesi pengetesan, sang juara dunia Moto2 musim 2012 itu menganggap bahwa melakukan deselerasi dan pengereman menggunakan motor MotoGP adalah bagian tersulit baginya.

“Dibandingkan dengan motor Moto2, deselerasi dan pengereman di MotoGP lebih kuat. Makanya butuh ban depan yang lebih sempurna untuk mereduksi kecepatan motor dengan cara yang konstan. Bukan hanya mengurangi kecepatan dengan konstan, namun juga tetap stabil saat memasuki tikungan. Bayangkan saja, setelah melakukan latihan hari pertama, leher saya terasa letih,” ujar Marquez.

Meski merasa kecapekan usai menjalani sesi tes di Sepang, Malaysia, Marquez tetap kagum pada banyak hal yang didapatnya dari MotoGP. Terkhusus saat melakukan akselerasi. “Di sesi tes pra musim di Sepang, kecepatan maksimal motor mencapai 340 km per jam. Bayangkan saja bagaimana kuatnya pengereman yang harus dilakukan!” sergahnya.

Walaupun Marquez masih menjalani proses adaptasi dengan motor Honda RC213V, ia tetap menjadi salah satu pembalap yang diprediksi bakal melakukan mengacaukan persaingan pembalap papan atas musim 2013 mendatang. Hmm, sepertinya begitu! (otosport.co.id)


Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa