Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

KTM Siap Pasok Motor Moto3 Untuk Ajang Red Bull Rookies Cup 2013

Bagja - Selasa, 7 Agustus 2012 | 04:57 WIB
No caption
No credit
No caption


Tahun 2012 adalah tahun perdana penggunaan mesin 4 tak di kelas terendah balap grand prix motor yang disebut dengan kelas Moto3, untuk menggantikan kelas GP 125 cc yang masih menggunakan motor 2 tak. Melihat kesuksesan ajang Moto3 sejauh ini, KTM sebagai salah satu pemasok motor 250 cc 1 silinder di ajang tersebut pun bakal mulai memasok KTM Moto3 RBR Red Bull untuk ajang Red Bull Rookies Cup mulai 2013 mendatang.

Tentunya ini kabar yang sangat menggembirakan bagi para pembalap rookie. Sebab mulai tahun depan mereka bisa menggunakan motor dengan spesifikasi yang nyaris sama dengan kejuaraan Moto3. Artinya dengan motor yang perbedaannya cukup tipis, mereka bisa melakukan komparasi lap time di tiap sirkuit yang mereka kunjungi dengan ajang Moto3.

“Basis motor production racer dan motor Red Bull Rookies Cup, nyaris tidak berbeda dengan M32 yang digunakan di ajang Moto3. Hanya saja untuk Moto3 harus menyesuaikan dengan regulasi Moto3. Diantaranya penambahan sistem kelistrikan dari Dell’Orto, RPM maksimal 14.000, knalpot Akrapovic dengan 115db, velg OZ magnesium, rem Brembo dan lain sebagainya,” ujar Wolfgang Felber sebagai Head of KTM Customer Motor Racing.

“Semua komponen tersebut juga sudah termasuk komponen dasar untuk melakukan up grade pada tunggangan tiap pembalap di motor production racer,” tambah Felber.

Nah, dengan begini pembibitan pembalap pemula akan semakin lancar dan memberikan tingkat penjenjangan yang lebih matang. Tentunya target KTM adalah menghasilkan sebanyak mungkin pembalap jawara untuk ajang balap dunia untuk masa mendatang. (otosport.co.id)

KTM Moto3 250 GPR (Production Racer 2013 dan Red Bull Rookies Cup) :
Engine: Single cylinder, liquid cooled / 4-stroke / DOHC
Displacement / Bore x Stroke: 249,5 ccm / 81 x 48,5 mm
Performance: min. 37 kW at 13.000 rpm
Engine speed: max. 13.500 rpm
Front Suspension: WP / DM 45 mm, RCMA3548
Rear Suspension: WP / adjust. length, hydraulic preload
Brakes front/rear: Brembo Radial caliper, 290 / 190 mm single disc
Rims front/rear: OZ Forged Aluminum 2,5 x 17 / 3,5 x 17
Tires front/rear: Dunlop 95/70-17 / 115/70-17
Silencer: Akrapovic Full Titanium System (max. 108 dB)
Frame: Tubular steel with adjust. headstock and swing arm pivot
Dry weight/tank capacity: approx. 83 kg / approx. 11 l


Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa