Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tugas Wheelie Control, Bukan Jaminan Motor Enggak Wheelie

Bagja - Selasa, 5 Juni 2012 | 19:18 WIB
No caption
No credit
No caption


Wheelie Control atau yang biasa dikenal sebagai kontrol kelistrikan agar ban depan motor tidak terangkat saat akselerasi dan mengoper gigi, memang sudah jadi bagian dari MotoGP modern untuk menjaga sisi safety pembalap. Namun menurut Dani Pedrosa kontrol wheelie itu bukan jaminan motor tidak wheelie saat berakselerasi dalam balapan.

“Motor MotoGP sudah dilengkapi dengan traction control dan wheelie control, tapi itu bukan jaminan untuk motor tidak wheelie. Kita sudah punya setting khusus, tapi itu semua tidak menolong motor untuk tidak wheelie. Pasalnya jika setting itu diarahkan agar motor tidak akan wheelie dalam kondisi apapun, maka konsekuensinya motor akan jadi lamban,” ungkap Pedrosa.

Saat berupaya mempertahankan posisinya dari Jorge Lorenzo di MotoGP Catalunya, Spanyol (3/6) kemarin, Pedrosa mengatakan bahwa beberapa aspek sangat berpengaruh, sehingga motornya jadi wheelie dan kehilangan posisi pertama dari Lorenzo.

“Saat bertarung dengan Lorenzo banyak hal yang berpengaruh. Mungkin saya menginjak pinggiran lintasan terlalu dalam sehingga motor jadi bergoyang dan secara tidak sengaja terjadi efek aeroplane. Akibatnya ban depan motor terangkat dan saya harus menurunkan kecepatan dan menambahnya lagi agar Lorenzo tidak menyusul dari dalam. Tapi ternyata semuanya sudah terlambat,” jelas Pedrosa.

Meski banyak yang menganggap jika Pedrosa tidak mengalami wheelie ia tidak akan disusul oleh Lorenzo, namun kenyataannya agak kecil jika ia tidak akan tersusul. Pasalnya perbedaan performa di akhir balapan antara Pedrosa dan Lorenzo cukup jauh, sehinga ia akan tetap tersusul pembalap lain. (otosport.co.id)


Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa