Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Fakta Baru F1 2012, Usai F1 Bahrain

Bagja - Rabu, 25 April 2012 | 12:30 WIB
No caption
No credit
No caption


Kemenangan fantastis yang diraih oleh Sebastian Vettel di Formula 1 Bahrain akhir pekan lalu, secara tidak langsung membuka fakta tentang 4 seri F1 yang sudah terselenggara musim 2012, dimenangi 4 pembalap berbeda. Bukan hanya berbeda pembalap, namun juga tim yang berbeda. Hal ini terakhir kali terjadi 1983 dan sudah berlangsung 29 tahun hal itu tidak pernah terjadi.

Sementara untuk 4 pembalap berbeda, terakhir kali terjadi pada tahun 2003, namun Kimi Raikkonen dan David Coulthard saat itu berada dalam 1 tim (McLaren Mercedes) jadi tidak tergolong dalam 4 pembalap dari 4 tim berbeda. Keempat pemenang tersebut adalah Jenson Button-McLaren (F1 Australia), Fernando Alonso-Ferrari (F1 Malaysia), Nico Rosberg-Mercedes GP (F1 Cina) dan Sebastian Vettel-Red Bull (F1 Bahrain).

Podium Terakhir 2 Pembalap Lotus
Selain 4 pembalap dan 4 tim berbeda yang memenangi balapan, fakta berikutnya adalah dua pembalap tim Lotus F1 berada di atas podium yang terakhir kali terjadi pada tahun 1979. Kenyataan ini memperlihatkan bahwa Lotus F1 baru bisa menempatkan kembali pembalapnya di podium, setelah 33 tahun berlalu. Dimana Kimi Raikkonen dan Romain Grosjean berhasil naik ke podium 2 dan 3.

Pencapaian podium terakhir oleh para pembalap Lotus F1 sebelum F1 Bahrain 2012, diraih oleh Carlous Reutemann dan Mario Andretti di F1 Spanyol di atas podium kedua dan ketiga. Sementara terakhir kali pembalap Lotus naik podium diraih oleh Nelson Piquet di F1 Australia tahun 1988.

Mark Webber Raih 4 Podium Berturut-Turut
Pencapaian 4 kali posisi yang sama secara beruntun dalam 4 seri pertama selain posisi pertama, adalah hal yang sangat sulit. Namun tahun ini, Mark Webber tanpa sengaja meraih posisi finish yang sama di 4 seri pertama. Hasil tersebut diraihnya bukan tanpa ada unsur kesengajaan, namun memang karena pembalap asal Australia ini kalah strategi dan performa dari pembalap lainnya.

Jika Webber kembali finish di urutan keempat di F1 Spanyol, maka ini adalah rekor yang paling susah dipecahkan dalam sejarah perjalanan F1. Sebab belum ada pembalap yang finish di posisi sama (selain finish 1) secara beruntun dalam 5 seri pertama.  (otosport.co.id)


Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa