Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Hujan Deras, Alonso Melesat Raih Podium di Sepang

toncil - Minggu, 25 Maret 2012 | 17:04 WIB
No caption
No credit
No caption


Rintik hujan yang mengawali perhelatan Formula 1 Sepang, Malaysia, hari ini (25/3) akhirnya berimbas pada dihentikannya balapan pada lap ke-9. Setelah ditunda karena hujan deras sampai sekitar 30 menit, pembalap asal Spanyol, Fernando Alonso pun berhasil menyelesaikan balapan di trek basah.  Alonso sendiri berhasil mencatatkan total waktu dua jam 44 menit 51.812 detik dari total 56 lap.

Kendati balapan sudah dimulai, safety car masih diturunkan hingga 4 lap awal. Bahkan setelah balapan benar-benar dimulai, zona DRS (Drag reduction System) terpaksa di non aktifkan dan baru diaktifkan kembali pada lap ke-20. Seiring berjalannya balapan, hujan pun mulai reda dan para pembalap mulai menganti ban dari tipe full wet ke tipe intermediate dan kemudian ke tipe slick setelah trek mulai mengering.

Memasuki pertengahan pertengahan balap, cuaca pun mulai bersahabat dan hujan mulai reda. Namun tetap saja uap dan cipratan air dirasa cukup mengganggu penglihatan para pembalap.

Meski kondisinya seperti itu, namun Alonso berhasil meraih kemenangan pertamanya musim 2012. Ia memanfaatkan strategi pit stop saat mengganti ban basah intermediate dan kemudian mengganti ke tipe ban kering slick . Sehingga posisinya saat balapan berlangsung sangat menjanjikan.

"Bagi saya ini sangat surprise, karena saya start dari posisi 9 namun bisa berakhir di podium teratas. Ini juga berkat kru pit yang sudah menstrategikan penggantian ban dari full wet ke intermediate, kemudian masuk lagi untuk berganti ke tipe slick," ujar Alonso.

Ditempat kedua, Sergio Perez cukup diuntungkan dengan dikibarkannya redflag. Perez berhasil start dari posisi ketiga berkat strategi pit stop yang pas.

Sementara itu pembalap tercepat sepanjang akhir pekan ini, Lewis Hamilton, bermain cukup bagus. Sayang strategi pit stop kurang bagus, membuatnya melorot di tempat 3. Lalu disusul Mark Webber di tempat 4 dan Kimi Raikkonen di urutan 5.

Kondisi hujan dan jalan yang licin juga berimbas bagi beberapa pembalap. Salah satunya pembalap kawakan, Michael Schumacher yang harus tergelincir di lap-lap awal dan membuatnya kehilangan posisi dan finish di posisi ke-10.

Nasib apes memimpa mantan juara 2011 lalu, Sebastian Vettel, ban belakang kirinya tiba-tiba saja pecah saat memasuki lap ke-48 dan mengakibatkan posisinya harus melorot. Beruntung ia masih mampu melakukan ke pit stop dan finish di tempat ke-11. (otosport.co.id)

Hasil Lomba Formula 1 Sepang, Malaysia 2012 :
1. Fernando Alonso Ferrari 2 jam 44 menit 51.812 detik
2. Sergio Perez Sauber-Ferrari + 2.2 detik
3. Lewis Hamilton McLaren-Mercedes + 14.5 detik
4. Mark Webber Red Bull Racing-Renault + 17.6 detik
5. Kimi Räikkönen Lotus-Renault + 29.4 detik
6. Bruno Senna Williams-Renault + 37.6 detik
7. Paul di Resta Force India-Mercedes + 44.4 detik
8. Jean-Eric Vergne STR-Ferrari + 46.9 detik
9. Nico Hulkenberg Force India-Mercedes + 47.8 detik
10. Michael Schumacher Mercedes + 49.9 detik
11. Sebastian Vettel Red Bull Racing-Renault + 75.5 detik
12. Daniel Ricciardo STR-Ferrari + 76.8 detik
13. Nico Rosberg Mercedes + 78.5 detik
14. Jenson Button McLaren-Mercedes + 79.7 detik
15. Felipe Massa Ferrari + 97.3 detik
16. Vitaly Petrov Caterham-Renault + 1 Lap
17. Timo Glock Marussia-Cosworth + 1 Lap
18. Heikki Kovalainen Caterham-Renault + 1 Lap
19. Pastor Maldonado Williams-Renault + 2 Lap
20. Charles Pic Marussia-Cosworth + 2 Lap
21. Narain Karthikeyan HRT-Cosworth + 2 Lap
22. Pedro de la Rosa HRT-Cosworth + 2 Lap

Editor : toncil

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa