Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

FIA Bakal Tutup Potensi Pemanfaatan Tekanan Gas Buang Mobil F1

billy - Senin, 27 Februari 2012 | 15:13 WIB
No caption
No credit
No caption


Lingkaran hijau merupakan areal lubang knalpot yang lebih konvensional

Jika akhir tahun lalu FIA (Fédération Internationale de l'Automobile) membatasi pemanfaatan tekanan gas buang saat deselerasi di mobil F1 hingga maksimal 10 persen saja, tapi tahun ini FIA akan mulai menutup semua potensi pemanfaatannya. Bahkan FIA akan membuatkan regulasi khusus untuk menetapkan konfigurasi knalpot dan engine mapping yang bakal digunakan semua mobil di F1.

Lalu caranya seperti apa? Menurut sebuah sumber dari FIA, untuk menutup kemungkinan pemanfaatan tekanan gas buang dari mobil F1, salah satu caranya adalah dengan menggunakan software baru pada ECU standar (Engine Control Unit) yang bakal mengatur konfigurasi tekanan gas buang dari mesin.

Namun mengapa FIA baru akan merilisnya tepat sebelum seri pertama dimulai? Bukankah itu terlalu riskan bagi tim yang masih memanfaatkan engine mapping? Ataukah ini hanya strategi FIA, agar tim-tim F1 siap menghilangkan pemanfaatan tekanan gas buang untuk peningkatan performa mobil sebelum seri pertama dimulai! rasanya mungkin seperti itu.

Untuk itu tim-tim di F1 yang merasa masih memanfaatkan keuntungan dari engine mapping alias tekanan gas buang dari dari sisi aerodinamika, harus  mengubahnya sebelum sesi tes F1 terakhir dimulai. Agar mereka punya kesempatan untuk memperbaiki performa mobil tanpa pemanfaatan tekanan gas buang. (otosport.co.id)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa