Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

FIA Konfirmasi Aturan Baru F1 2012

billy - Kamis, 5 Januari 2012 | 20:12 WIB
No caption
No credit
No caption


Beberapa aturan baru di Formula 1 musim 2012 seperti trik mempertahankan posisi agar tidak disusul pembalap lain dan mobil-mobil yang di overlap, kembali mengalami sedikit perubahan. Untuk trik mempertahankan posisi, awalnya FIA (Fédération Internationale de l'Automobile) lembaga tertinggi balap mobil dunia, memberlakukan 1 kali manuver saja mulai musim 2012.

Namun seiring adanya rekondisi peta persaingan tim balap untuk musim 2012, FIA melakukan modifikasi pada aturan tersebut. Yaitu pembalap yang melakukan manuver mempertahankan posisi, boleh kembali ke jalur balap tapi mereka harus menyisakan ruang menyusul bagi pembalap lain antara mobilnya dengan pinggiran lintasan.

“Melakukan lebih dari satu manuver memang tidak diijinkan lagi mulai musim kompetisi tahun ini. Semua pembalap berhak kembali ke jalur balap, namun harus tetap menyisakan ruang antara mobil di depan dan pinggiran lintasan bagi pembalap lain untuk menyusul di tikungan,” tulis pernyataan baru dari FIA.

Sementara perubahan pada mobil tim yang di overlap, bisa kembali mengambil posisinya (unlapped) ketika berada dalam kondisi safety car. “Jika kondisinya memungkinkan untuk melakukan ‘unlapped’ maka di monitor waktu akan tertulis (Lapped Cars May Now Overtake). Namun jika kondisi sirkuit tidak memungkinkan melakukan unlapped, maka di monitor akan tertulis (Overtaking Will Not Be Permitted),” lanjut penjelasan regulasi baru dari FIA tersebut.

Regulasi ini tentu akan sangat ditentukan oleh kondisi sirkuit yang akan mempengaruhi keputusan dari direktur balap. Jika kondisinya memungkinkan untuk dilakukan maka mobil yang berada di belakang safety car, tidak boleh melakukan manuver-manuver hingga proses unlapped mobil paling terakhir selesai. (otosport.co.id)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa