Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

FIA Batasi Fungsi Gas Buang ke Diffuser

billy - Jumat, 17 Juni 2011 | 13:58 WIB
No caption
No credit
No caption


Fungsi gas buang mobil Formula 1 yang saat ini dimanfaatkan oleh sebagian tim untuk mengendalikan aliran udara yang mengalir di bawah kolong mobil F1, memang masih jadi perselisihan besar. Tim Red Bull, McLaren dan Renault yang berhasil memanfaatkannya untuk memperbaiki pola aliran udara ke diffuser, sepertinya harus lebih lihai mengakali pembatasan ini.

Pola aliran udara yang keluar dari knalpot mobil menuju diffuser mobil F1, memang tidak dipermasalahkan. Permasalahannya justru saat mobil deselerasi alias saat melakukan pengereman, mobil-mobil yang memanfaatkan aliran udara dari knalpotnya memiliki aliran udara yang cukup keras. Sehingga saat deselerasi pun, aliran udara di kolong mobil tetap bisa dikendalikan.

FIA (Federasi balap mobil dunia) pun melihat bahwa tidak semua tim mampu memanfaatkan teknologi seperti ini, makanya mulai di seri F1 Inggris FIA mulai membatasi semburan udara dari knalpot tidak boleh melebihi 10 persen. 10 persen ini diambil dari kerasnya semburan udara yang keluar dari knalpot saat akselerasi penuh atau pedal gas dibuka secara penuh.

Jelas sebagian tim yang menggunakan sistem tersebut, sempat memprotes tentang bagaimana bisa pembatasan itu diberlakukan nantinya. Tapi belakangan FIA pun akan menggunakan data telemetry sebagai alat ukur 10 persen semburan angin yang keluar dari knalpot saat deselerasi di mobil F1.

Belum ada rilis resmi mengenai pembatasan ini, namun pembicaraan antara FIA dan jajaran direksi balap Formula 1 sudah dilakukan. (otosport.co.id)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa