Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ferrari Deteksi Kerusakan Terowongan Angin

billy - Selasa, 10 Mei 2011 | 09:00 WIB
No caption
No credit
No caption


Pengetesan melalui terowongan angin alias wind tunnel oleh tim-tim balap adalah bagian yang tidak terpisahkan dari dunia balap dan desain mobil-mobil balap. Namun tim Ferrari sebagai salah satu tim balap besar di Formula 1 sepertinya tidak bisa lagi mengambil keuntungan dari pengetesan di wind tunnel milik mereka. Hal ini dikarenakan data yang dihasilkan tidak sesuai dengan yang semestinya.

Kesalahan data ini mengakibatkan pengembangan part performa mobil Ferrari tidak maksimal. Namun seperti apa kerusakan data pada wind tunnel milik tim Ferrari itu, tidak disebutkan secara detail. Kerusakan ini terdeteksi setelah mereka (tim Ferrari) melakukan tes yang sama wind tunnel bekas tim Toyota di Cologne Italia beberapa hari sebelum F1 Turki dimulai.

“Ini adalah masalah yang luar biasa, karena pengembangan mobil Ferrari berjalan berdasarkan data yang kami peroleh dari wind tunnel. Tentunya banyak area yang tidak bekerja sempurna. Saya tidak ingin lebih detail menjelaskan daerah mana saja, namun setelah kami komparasi dengan wind tunnel milik Toyota kami mendapatkan petunjuk yang jelas,” papar Aldo Costa direktur teknis Ferrari.

Deteksi masalah tersebut memang belum terbilang telat, namun setidaknya ini membuat tim Ferrari sudah salah langkah menentukan arah pengembangan sistem aerodinamika mereka. Beruntung karena masalahnya cepat terdeteksi, sehingga mereka bisa lebih fokus untuk memperbaiki kesalahan pengembangan yang sudah ada sebelumnya.

Kabarnya tim Ferrari akan melakukan renovasi pada wind tunnel milik mereka pada akhir musim nanti, yaitu pada bulan September atau Oktober. Berharap agar masalah teknis seperti ini tidak terlang kembali di kubu mereka. (otosport.co.id)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa