Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Husqvarna Mille 3, Bukan Supermoto Tapi Paduan Superbike Dan Motocross

billy - Selasa, 9 November 2010 | 16:49 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET – Anda pernah membayangkan sebuah mesin superbike ditanam pada motor garuk tanah alias motocross? Jika belum, maka anda akan tercengang dengan motor konsep Mille 3 buatan pabrikan Swedia, Husqvarna yang dikenalkan beberapa waktu lalu.

Sebab, berbeda dengan supermoto yang hanya mengaplikasi ban khusus aspal, Mille 3 merupakan paduan mesin superbike dengan motocross. Lebih lanjut, tampilan dari motocross terlihat bagian bodi dan jok Mille 3. Hal ini tampak dari bentuk spakbor depan serta belakang yang tinggi.

Apalagi, pada bagian samping tangki juga terdapat air scoop, layaknya motor garuk tanah. Semakin garang, Mille 3 mengaplikasi warna bodi putih merah yang kontras dengan kaki-kakinya yang berwarna hitam.  

Nah, untuk tampilan superbike nya kentara pada penggunaan ban lebar berdiameter 17 inci yang tentu lebih cocok sebagai motor jalan raya. Begitu juga dengan suspensinya yang berbeda dengan supermoto. Bila supermoto masih terlihat jangkung, yang ini benar-benar ceper layaknya superbike.

Oleh Husqvarna, Mille 3 juga dibekali mesin yang sangar khas superbike. Sebab, mesin yang dicangkok berkapasitas 933 cc, berkonfigurasi L dengan tiga silinder, dan dilengkapi radiator besar yang menambah kesan unik pada motor ini.

Belum lagi penerapan knalpot ganda, berukuran raksasa. Serta, rem double disc dibagian depannya, yang mengentalkan aura superbike, ketimbang motocross. 

Gabungan ini tentu menyalahi pakem motocross dan anti dengan mesin-mesin berdimensi besar. Lihat saja, tak ada satu pun motocross, maupun tipe enduro yang memakai mesin lebih dari dua silinder. Tentu karena motor ini diperuntukan dalam menerabas trek berat, sehingga tak membutuhkan mesin berdimensi besar dan berat, layaknya motor jalan raya.

Husqvarna sendiri merupakan perusahaan motor asal Swedia yang telah di kuasai raksasa otomotif Jerman, BMW. Saat ini, produksi sepeda motor Husqvarna terletak di Italia. Sedangkan produksi Husqvarna di Swedia hanya berkonsentrasi sebagai pembuat senjata kecil, peralatan pertanian, mesin jahit dan peralatan rumah tangga saja.

Unik bukan?

 
 

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa