Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Hanya Butuh Waktu Enam Bulan Untuk Buat EC-ITS!

Senin, 28 Januari 2013 | 12:19 WIB
No caption
No credit
No caption



Jakarta – Mobil listrik karya mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) yang diberi nama EC-ITS oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, M. Nuh ini ternyata memiliki perjalanan pembuatan yang cukup singkat.

“Pembuatan EC-ITS dari konsep sampai jadi sekitar 6 bulanan,” buka dosen pembimbing Fakultas Teknik Listrik ITS, Muhammad Nur Yuniarto.

Menurutnya, penunjang proses yang cepat tersebut adalah kekompakan tim berjuluk Lowo Ireng yang mengembangkan EC-ITS. Selain itu, kunci pendukung lain adalah jumlah timnya yang cukup banyak. “Total ada 20 orang. Diantaranya ada tiga orang riset assistant, tiga mekanik dan sisanya mahasiswa teknik.

EC-ITS sendiri telah dikenalkan ke publik pada Sabtu (28/1). Mobil ini memiliki sistem penggerak full elektrik yang mengandalkan motor listrik berdaya sebesar 20 kw dan rasio gear box 1:8. Sistem daya disokong oleh baterai bertipe Lithium Polymer (LiPo) kapasitas 48 Volt 5 KWh.

Sistem pengontrol mobil menggunakan PWM (pulse width modulator) 5 Volt. Sementara bagian kaki-kaki mengandalkan pelek 15 inci berbalut ban tipe 195/55-15. (mobil.otomotifnet.com)


Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa