Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Intip Tampang Kendaraan Semut, Calon Pengganti Bajaj Bertenaga Hybrid

Selasa, 3 Juli 2012 | 14:02 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta – Tak hanya kendaraan canggih dan mahal yang dapat ditanamkan teknologi canggih seperti hybrid. Bahkan kendaraan angkutan rakyat sekelas Bajaj pun bisa mengaplikasi sistem hybrid. Salah satunya adalah kendaraan roda tiga (trike) berjuluk Semut yang satu ini.

Yang membanggakan, trike hybrid tersebut bukan hadir dari luar negeri, tapi dirancang oleh Krisnahadi Pribadi, anggota BKM - PII (Badan Kejuruan Mesin - Persatuan Insinyur Indonesia).  

Menurut Dewa Yuniardi, Kepala Bidang Komersial BKM - PII (Badan Kejuruan Mesin - Persatuan Insinyur Indonesia), Semut dirancang sebagai kendaraan penumpang ringan pengganti Bajaj. “Saat ini Semut masih dalam tahap konsep engineering dan sedang pabrikan yang berminat produksi,” ujarnya.


Dari segi desain, Semut mengaplikasi tampilan futuristik dengan aplikasi tebeng depan yang besar dan headlamp bulat berteknologi LED. Sementara di bagian belakang, empat buah rear lamp bulat LED dengan bagasi tutup bagasi berlekuk membuat Semut terlihat unik. Sayangnya, trike tiga penumpang ini belum dilengkapi pintu sebagai pendukung keselamatan.

Dirinya menyatakan jika Semut mengaplikasi sistem hybrid. “Kami mencoba mengaplikasi teknologi hybrid pada Semut, karena tak perlu infrastruktur yang merepotkan. Dan perkiraan harga pada Semut sekitar Rp 45 juta, sudah termasuk piranti canggih seperti GPS, komunikasi digital, anti collusion, fuel comsumption computer,” ujarnya. (mobil.otomotifnet.com)


Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa