Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Intip Mobil Pengantin Pangeran William-Kate Middleton, Harganya Rp 14 Miliar

billy - Selasa, 19 April 2011 | 08:02 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

 Rolls-Royce Phantom VI versi standarnya
INGGRIS - Saat ini Pangeran William dan Kate Middleton tengah jadi sorotan, kira-kira seperti apa upacara pernikahan mereka pada 29 April nanti. Belum selesai dibincangkan, calon mempelai wanita memberi tahu akan menaiki mobil Rolls-Royce Phantom VI saat menuju prosesi pernikahan.

Sebuah penampilan kontradiktif dibanding upacara pernikahan anggota kerajaan Inggris lainnya yang diarak pakai kereta kencana. Akibatnya semua orang dibuat repot.

Simbol Status
Kate akan mendobrak tradisi keluarga Kerajaan Inggris, ketika tiba di hari pernikahan nanti. Biasanya dalam upacara pernikahan keluarga kerajaan Inggris diangkut kereta kuda Glass Coach, seperti digunakan Putri Diana di pernikahannya dengan Pangeran Charles (bapaknya Pangeran William) pada 1981. Kereta ini dibuat 1881 kemudian dibeli dan digunakan keluarga kerajaan pada 1911.

Namun, pada pernikahan nanti, rencananya kereta akan diganti dengan Rolls-Royce Phantom VI. Mobil itu persembahan dari pabrikan mobil Inggris ini untuk peringatan 25 tahun penobatan Ratu Inggris Elizabeth II tahun 1977. Dibuat khusus dengan atap yang lebih tinggi dan area kacanya diperbesar dari standarnya.

Layaknya mobil kenegaraan lain, Phantom VI ini tak memiliki pelat registrasi, ada tanda dan lambang khusus kerajaan. Ketika digunakan oleh ratu, lambang Spirit of Ectasy di moncong kap mobil diganti lambang St. George dari perak.

Ini model Rolls-Royce sangat eksklusif yang dibuat dari 1968-1991. Sejak 1970-an telah dibuat berbagai macam variasi. Dari yang bermesin 6.230 cc karburator transmisi otomatis 4-speed hingga diupgrade sampai 6.750 cc. Mobil seberat 2,5 ton dan panjang 6 meter ini hanya dibuat 374 unit.

Mobil yang juga disebut ‘Number One State Car' itu Jadi simbol status masa lalu dan tetap dibiarkan standar sampai saat ini. Phantom VI dapat menampung 5 penumpang dan interiornya handmade. Penumpang dapat dipisah dengan sopir lewat kaca yang digerakkan secara elektrik.

Terdapat rak mewah tempat minuman. Kursi belakang dapat diatur elektrik membuat penumpang lebih nyaman. Ruang yang luas membuat penumpang mudah untuk akses masuk dan keluar mobil. Harganya diperkirakan Rp 14 miliar berikut perlengkapan keamanan, termasuk mobil tetap bisa melaju meski bannya kempis, pintu dari baja dan kaca yang kuat.


 Rolls-Royce Phantom VI milik keluarga Kerjaan Inggris ketika diserang pemrotes, Desember 2010
Alasan Kate memilih mobil menuju gereja pernikahan Westminster Abbey untuk mengikat janji, agar masyarakat dapat leluasa melihatnya. Tetapi ini membuat repot pekerja istana kerajaan karena Phantom VI dalam kondisi rusak.

Kaca jendela tengah retak akibat pukulan tongkat dan bagian belakang terkena tumpahan cat yang dilempar oleh pelajar yang melakukan protes ketika digunakan Pangeran Charles dan istrinya, Camilla, Desember tahun lalu. Mau tak mau harus diperbaiki.

Namun karena mobil ini sudah dicustom, seperti atapnya yang tinggi dan kaca jendelanya lebih besar, perbaikannya tidak mudah. Banyak bagian-bagian detail harus dibuat ulang, karena tidak ada di pasaran.

Manajer transportasi Istana Buckingham, Alex Garty menjamin mobil sudah siap ketika digunakan Kate yang didampingi ayahnya, Michael. Diperkirakan lebih sejuta orang di sepanjang jalan yang akan dilewati Kate bersama Phantom VI, dengan rute Mall, Horse Guards Parade, Whitehall dan Parliament Square.

Nah, selamat tinggal kereta kuda..!! (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa