Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kalau Pabrikan Mobil Bikin Sepeda: Buat Harian Hingga Teknologi F1

billy - Minggu, 27 Maret 2011 | 14:02 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Sepeda Gunung BMW dengan sudut yang dapat disetel
JAKARTA
- Pabrikan mobil membuat sepeda bukanlah sesuatu yang baru. Fenomena ini sudah ada sejak lama. Seiring perkembangan teknologi, pabrikan terus memproduksi sepeda.

Termasuk merek mobil mewah yang rajin memperkenalkan sepeda rakitan mereka. Seperti dilakukan BMW, Range Rover dan McLaren yang menunjukkan sepeda rakitan mereka yang masing-masing punya keunggulan.

Libatkan 3 Unsur
Baru-baru ini BMW merilis 4 model buatannya, M Bike Carbon Racer, Mountain Bikes, Cruise Bike dan Touring Bike. Desainnya bervariasi sesuai kegunaannya. Tujuannya menyatukan bentuk dan fungsinya dalam harmoni sempurna.

BMW melibatkan 3 unsur, desainer, teknisi dan test driver. Desainer menciptakan sepeda yang memancarkan energi dan kemewahan, seperti tampak pada Cruise Bike. Las pada rangka hydroformed aluminium rapi dan halus, kabel rem dan pemindah gigi tidak berseliweran sebab dimasukkan ke rangka.

Kesan mewah terpancar dari warna putih dengan aksen biru atau yang sederhana kombinasi hijau dan hitam, membuatnya siap meraih berbagai penghargaan desain karena sangat sedap dipandang.

Touring Bike dapat digunakan semua orang yang menginginkan kenyamanan maksimum dan desain modern. Komponennya kualitas tinggi dan pengecatan luar biasa, membuktikan desainer BMW benar-benar menciptakan sebuah masterpiece.

No caption
No credit
No caption

 Desain Cruise Bike memancarkan kesan mewah(kiri). Touring Bike memberi kenyamanan maksimum(kanan).
BMW menggunakan komponen yang dikembangkan sendiri. Dalam tradisi membuat sepeda selama lebih 60 tahun, teknisi BMW terus melakukan pengembangan.

Untuk mountain bike BMW Cross Country dan Enduro 2011, teknisi mengembangkan batang yang sudutnya bisa disetel agar pengendara dapat posisi duduk sempurna untuk menyalurkan energi optimal.

Setiap purwarupa pertama harus sukses diuji ribuan kilometer di lab sebelum diproduksi. Contohnya pada M Bike Carbon Racer. Test driver BMW tak hanya terlibat dalam purwarupa otomotif, juga pada sepeda terbaik yang dibuat BMW.

Sedangkan teknisi McLaren menyusupkan teknologi F1 pada sepeda balap Specialized. Pengalaman Mclaren pada teknologi serat karbon, jadi sumber Specialized dalam memadukan desain dan proses pembuatan sepeda S-Works Venge. Dengan serat karbon McLaren melihat terjadi peningkatan efisiensi 10-15% dibanding sepeda yang pernah ada sebelumnya.


 Rangka monokok serat karbon Range Rover Evoque menggunakan teknik balap F1(Kiri). S.Works Mclaren Venge memakai teknologi F1(kanan).
Berat framenya kurang dari 1 kg, ditambah berbagai macam perlengkapan total 2,07 kg. S-Works Venge langsung diuji di lomba Milan-San Remo, Italia dan memberi kemenangan pada Matthew Goss. Juara Tour de France tiga kali,  Mark Cavendish memuji performa sepeda ini.

Tim desain Range Rover juga meluncurkan konsep sepeda jalan raya Range Rover Evoque. Pusat elemen terletak pada modul rangka serat karbon monokok yang dibuat Karbona menggunakan teknik dari balap F1. Kemajuan konstruksi komposit tampak pada bagian batang tempat duduk yang terintegrasi ke dalam frame, alur desainnya dapat mengurangi berat.

Pabrikan lain macam Ferrari, Mercedes-Benz dan Audi yang pernah membuat sepeda sport, Lexus dengan sepeda hybrid-nya atau buat dipakai harian bikinan Lancia dan sebagainya, kapan memperkenalkan sepeda barunya? (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa