Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Misteri Tewasnya 5 Penumpang Innova, Apa Penyebabnya?

billy - Senin, 28 Maret 2011 | 07:02 WIB
Misteri Tewasnya 5 Penumpang Innova, Apa Penyebabnya?
Misteri Tewasnya 5 Penumpang Innova, Apa Penyebabnya?

JAKARTA - Sungguh tragis apa yang menimpa satu keluarga di provinsi Riau, Jumat (11/3) pekan lalu. Lima orang yang terdiri dari Juduanson Munthe (39 thn) dan istrinya; Derky (36 thn) beserta tiga anaknya; Riswandi (7 thn), Eno (5 thn) dan Eno (3 thn) tewas di dalam mobil Toyota Kijang Innova miliknya.

Warga setempat menemukan mobil tersebut di kecamatan Sengingi Hilir, kabupaten Kuantan Sengingi, Riau. Warga curiga melihat mobil yang diparkir di pinggir jalan di persimpangan jalan Sudirman, Pasar Koto Baru.

Kepala Bidang Humas Kepolisian daerah Riau, AKPB Syarif Pandiangan, mengatakan korban ditemukan warga dalam keadaan tewas. “Warga mencurigai karena mulut korban terlihat berbusa,” jelas Pandingan yang dikutip Kompas.

Setelah diotopsi oleh tim forensik RSUD Arifin Achmad Pekanbaru, Riau, penyebab kematian lima korban tersebut diduga akibat menghirup karbon monoksida (CO). Ironisnya lagi, di dalam mobilnya itu juga ditemukan jerrycan  berisi sekitar 100 liter bensin.

Merunut kasus kematian akibat gas beracun CO yang berasal dari asap knalpot tersebut, sebenarnya bukanlah yang pertama. Sudah cukup banyak tragedi kematian di dalam mobil yang berhenti (parkir) dalam kondisi mesin dan AC menyala (hidup).

Sebut saja pada  April 2007 dimana 3 ulama (56 thn, 57 thn dan 57 thn) asal Cirebon tewas di dalam Mercedes-Benz E300 yang terparkir di jalan Raya Ciharendang Kuningan bersama seoarang sopir pribadinya (53 thn).

Pada Juni 2008, dua orang mahasiswa juga ditemukan tewas di dalam Toyota Kijang Innova yang diparkir di Pantai Karnaval Taman Impian Jaya Ancol. Hasil penyelidikan Polres Jakarta Utara dan otopsi RSCM, diduga tewas lantaran menghirup CO.

Pada Juni 2010, ditemukan tiga orang (10 thn, 13 thn dan 59 thn) juga tewas di Toyota Kijang LGX di jalan tol Kanci-Pejagan. Enam warga lain yang juga ada di dalam mobil masih dapat tertolong di RS Mitra Plumbon, Cirebon Jawa Tengah.

Yang masih hangat, 2 Desember 2010, seorang bocah (4 thn) warga Dusun Sumber Wangi II Desa Bandaran tewas  di Suzuki APV karena terkunci dalam mobil oleh kedua orang tuanya. Kejadian keracunan CO seperti di atas diyakini masih banyak lagi.

Buktinya jelas, kembali terjadi di Kijang Innova Riau. Nah, kalau ditelusuri secara teknis, ada dua dugaan  penyebab. Pertama, bisa jadi memang mobilnya yang bermasalah akibat kebocoran gas karbon monoksida(CO) yang masuk ke dalam kabin Innova. Kedua, apakah disebabkan uap bensin di jerry can yang ditaruh di kabin belakang.  Mana yang paling berpotensi jadi pembawa maut?  (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa