Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

ERP Gak Cuma Diterapkan Pada Jalur 3 in 1

billy - Senin, 7 Maret 2011 | 14:25 WIB
No caption
No credit
No caption


Jakarta – Rencana pemda DKI Jakarta untuk mengganti sistem 3 in 1 menjadi ERP (electronic road pricing) ternyata tak hanya bisa diterapkan sebagai pengganti jalur 3 in 1 lho. Hal ini diungkapkan oleh Udar Pristono, Kadishub DKI Jakarta saat ditemui OTOMOTIFNET.COM dikantor Dishub DKI.

Menurutnya, penggunaan sistem ERP minimal akan dilakukan sebagai pengganti sistem 3 in 1 secara menyeluruh di jalan protokol Jakarta. Sedang kedepannya masih dikaji mengenai penambahan lokasi ERP yang sedang digodok legal aspeknya ini.

“Alasan pemilihan jalur 3 in 1 untuk diganti menjadi ERP disebabkan jalur ini telah memiliki transportasi umum yang memadai,” jelas Udar.

Diketahui, jalan yang terkena sistem 3 in 1 diantaranya, Jl. Majapahit, Jl. Gajah Mada dan Jl. Hayam Wuruk. Serta Jl. MH. Thamrin, Jl. Jenderal Sudirman, Jl. Sisimangaraja, Jl. Medan Merdeka Barat.

Selain itu, Jl. Pintu Besar Selatan, Jl. Pintu Besar Utara dan sebagian Jl. Jenderal Gatot Subroto juga menjadi jalur 3 in 1.

“ERP bukan ditujukan untuk mencari untung, namun ini merupakan cara untuk mengurangi kemacetan serta mengedukasi masyarakat untuk beralih ke transportasi massal,” kata Udar.

Udar menambahkan, penggunaan kendaraan pribadi di Jakarta memang kurang efisien dalam perbandingan ruang jalannya, enam mobil pribadi berbanding satu buah bus kota. “Namun daya tampung angkutan umum tentu jauh lebih besar dibanding mobil pribadi,” ungkapnya.

Oiya, penerapan ERP ini tak hanya dikaji untuk jalanan ibukota lho. Jalan berbayar ini juga bisa diterapkan untuk mengurai kemacetan di kota besar seperti Surabaya atau Semarang.

“Kami siap memberi regulasi, sedang sektor teknisnya kami serahkan ke pemerintah daerah masing-masing,” jelas sumber OTOMOTIFNET.COM di Dephub.

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa