Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cermati Kapasitas Tangki Nissan X-Trail, Bisa Lebih dari 65 Liter Lho!

Billy - Kamis, 20 Januari 2011 | 12:17 WIB
Cermati Kapasitas Tangki Nissan X-Trail, Bisa Lebih dari 65 Liter Lho!
Cermati Kapasitas Tangki Nissan X-Trail, Bisa Lebih dari 65 Liter Lho!

Otomotifnet.com - Mencermati surat pembaca kiriman Tedjo Sunoto, tampak kalau ia paham betul dengan spesifikasi teknis mobilnya.

"Pada spesifikasi tertulis kapasitas tangki bensin Nissan X-Trail memang 65 liter," ujar Teddy Irawan, Vice president PT. Nissan Motor Indonesia (NMI).

Menurut keterangan Tedjo, jumlah bensin yang masuk ke dalam tangki bensinnya jauh di atas itu. Terus ke mana larinya sisa volume sekian liter itu?

Nah, ada baiknya kita mencermati konstruksi tangki bahan bakar lebih detail.

Ukuran yang ada di dalam data spesifikasi memang tidak salah. Namun perlu perhitungan plus-plus karena ada komponen lain di dalam sistem tangki bensin.

"Kalau dihitung kemungkinan bensin di slang sampai ujung lubang pengisian bisa sampai 75 liter," lanjut Teddy, sapaan karibnya.

Berarti bisa hampir sekitar 10 liter beda dengan angka yang tertera di lembar spesifikasi. Mengapa demikian?

Karena dari slang saja bisa terisi penuh oleh bensin. Termasuk juga saluran baliknya. Lantas bentuk tangki bensin juga perlu diperhitungkan. Seperti adanya lekukan di bagian atas tangki.

Bisa saja lekukan itu berada di atas leher pengisian. Sehingga pada saat bensin diisi penuh, udara yang terperangkap di bagian itu keluar dan terisi oleh bensin.

Buktinya, kalau bensin sudah sampai leher lubang, masih bisa turun dan keluar udara dari dalam tangki bukan?

Dalam salah satu paragraf suratnya, Tedjo juga menyebutkan kalau sisa bensin di dalam tangkinya masih sekitar lima liter dengan kondisi jarum sudah di bawah. Hal ini juga tidak jadi patokan pasti.

"Sampai lampu indikator bensin menyala saja masih sekitar 10 literan. Namun perlu diingat, indikator ini bukan alat ukur, lo. Jadi tidak pasti berapa yang masih ada di dalam tangki," imbuh pria yang berkantor di MT. Haryono, Jaktim ini.

Masih ditambah lagi kondisi mobil berbeda bisa berpengaruh pada kinerja indikatornya. Tul ga?

Jadi, banyak sekali faktor X yang bisa mempengaruhi pada saat mengisi bensin. Pengalaman awak redaksi dengan tangki motor barunya yang tertulis berkapasitas 12 liter saja, bisa muat 12,5 liter saat pengisian pertama setelah delivery motor tersebut.

Intinya, banyak yang bisa diperhitungkan urusan pengisian bensin. Misalnya saja, ada hitungan volume bensin naik sekitar 0,12% setiap suhu naik 1 derajat Celcius.

Hal ini disebabkan molekul bensin yang mengembang seiring naiknya suhu.

"Makanya saya lebih suka mengisi pagi malam hari karena bensin lebih padat," tambahnya. Bagaimana dengan Anda? (mobil.otomotifnet.com)

Editor : Billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa