Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tinton Soeprapto: Mister 10-10-10

Editor - Senin, 18 Oktober 2010 | 06:08 WIB
No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Angka keramat triple 10-10-10 juga merambah Sentul International Circuit, Bogor, Minggu (10/10). Itu setelah Tinton Soeprapto (65 tahun) kembali turun arena setelah 18 tahun absen.

Hasilnya, legenda hidup itu berhasil finish ke-10 dengan berhasil menyelesaikan 7 putaran eksebisi Kelas Mercedes C-Class. Tinton terpaksa start dari belakang karena tidak mengikuti babak kualifikasi.

“Finish 10, tanggal 10 bulan 10 tahun 2010. Ini menandai bahwa saya masih mampu bersaing dengan para pembalap lain yang jauh lebih muda,” seloroh Tinton. Pembalap yang pernah mengikuti reli Paris-Dakar ini berhasil mendahului beberapa pembalap. Sebab total peserta kelas yang baru pertama digelar ini ada 21 pembalap.

Atas prestasinya dan sebagai pembalap tertua, Tinton dapat penghargaan dari Mercedes–Benz be­rupa piagam khusus. Bi­sa juara di kelasnya (kelas veteran) dengan mengalahkan Arso Sa­dewo, Rolland Staehler dan Rio Sarwono, menunjukkan Tin­ton masih layak disebut sebagai pembalap. “Terakhir saya balap saat soft opening sirkuit Sentul pada 1992. Saya juara dengan menggeber Mazda RX7,” kata Tinton.

Lebih menggembirakan, Tinton mencetak rekor dunia satu balapan dengan 2 putranya; Ananda Mikola dan Moreno Soeprapto. “Ini pertama kali di dunia, 1 keluarga 3 orang balap. Schumacher, Jodi Seckhter atau keluarga McRae hanya 2 orang. Itulah top-nya keluarga Tinton,” sambung suami Dewi Anggraeni yang belakangan banyak mengurus pembangunan Hotel Lorin Sentul itu.

Toh, tim medis tak ambil risiko. Se­usai balap, langsung membawa Tinton ke ruang medical untuk diperiksa. Ternyata semua baik-baik saja. Itu ber­kat latihan yang telah di­lakukan be­berapa hari sebelum balap. Mungkin juga karena Tinton mendapat tuah angka keramat 10-10-10 yang jatuh pada hari itu.


Penulis/Foto: Bud / Budi Santen

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa