Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pencahayaan Lembut Di Kabin Bikin Pengendara Merasa Lebih Aman

Editor - Jumat, 20 Agustus 2010 | 13:37 WIB
No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET – Akhir-akhir ini makin banyak saja mobil yang melengkapi diri dengan lampu bercahaya lembut di dalam kabin. Dari yang bawaan pabrik hingga modifikasi dengan menambahkan lampu LED di dalam kabin. Dan ternyata lampu dengan pencahayaan lembut ini mampu meningkatkan keselamatan pengendara.

Sebuah study oleh para insinyur BMW dan Lighting Engineering Group di Ilmenau University of Technology menemukan bahwa pencahayaan dapat meningkatkan persepsi kualitas interior. Baik dari bahan dan desainnya serta penilaian tingkatan kemewahan mobil itu sendiri. Dan yang paling penting adalah mampu membuat driver merasa lebih aman.

Dalam penelitian ini, pengemudi dimasukkan ke dalam simulator mobil dan diminta untuk memberikan komentarnya pada persepsi mereka secara keseluruhan spasial dalam mobil. Para peneliti menemukan bahwa indra visual setiap pengemudi ditingkatkan dengan penggunaan lampu interior.

Pengemudi mengatakan bahwa desain yang mereka lihat terasa lebih menarik, semua perangkat di dalam kabin pun dirasa lebih mudah digunakan. Dan secara keseluruhan, mereka merasa lebih aman. Menariknya, pencahayaan yang terlalu terang justru memiliki efek negatif.

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa silau dapat mengganggu. Tapi ketidak nyamanan ini bisa dihilangkan ketika pencahayaan yang disimpan di bawah 0,1 cd / m² (candela per square meter, ukuran pencahayaan). Studi lain menunjukkan driver merasa gangguannya berkurang ketika mereka dapat mengontrol tingkat pencahayaan di dalam kabin sesuai kemauannya.

Penulis/Foto:Popo/BMW

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa