Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Konfigurasi Kelistrikan di DTM dan CRT, 80 Persen Sama!

billy - Sabtu, 18 Februari 2012 | 17:36 WIB
No caption
No credit
No caption


Rata-rata tim di MotoGP ketika tahun 2011 lalu memang menggunakan sistem kelistrikan alias Electronic Control Unit (ECU) dari Magnetti Marelli, yang memang sudah pakem dalam urusan ini. Namun tahun 2012 ketika regulasi CRT (Claiming Rule Team) diberlakukan, beberapa tim yang terjun di kategori baru yaitu CRT memilih menggunakan sistem kelistrikan dari Bosch dari Jerman.

Memang di ajang balap motor MotoGP, Bosch terbilang pemain baru. Tapi di dunia motorsport secara lebih luas, mereka adalah pemain lama dan juga meraup kesuksesan besar. Salah satunya di ajang balap DTM (Deutsche Tourenwagen Masters) alias ajang balap mobil turing di Jerman, dimana mereka langsung terpilih jadi pemasok tunggal sistem kelistrikan.

Uniknya, ternyata konfigurasi fungsi sistem kelistrikan di ajang DTM dan MotoGP tidak berbeda jauh. Bahkan persamaannya berkisar 80 persen. “Persamaan konfigurasi fungsi kelistrikan di balap DTM dan MotoGP (CRT), sekitar 80 persen. Perbedaan paling besar hanya di sistem dinamisnya saja. Disinilah kami butuh fungsi khusus untuk di kategori balap motor,” jelas Ralf Schnee, kepala proyek motorsport di Bosch.

Hal ini diungkapkan Schnee setelah meloihat permintaan Colin Edwards pada konfigurasi fungsi yang dimintanya setelah melakukan sesi tes di Jerez, Spanyol akhir tahun 2011 lalu. Konfigurasi fungsi kelistrikan yang diminta Edwards pada Bosch, pun langsung jadi kenyataan saat uji coba di Sirkuit Sepang, Malaysia (31/1-2/2) lalu.

“Kami telah mengembangkan konfigurasi fungsi kelistrikan seperti ini sejak dua tahun lalu. Dengan menggunakan motor Superbike dari pabrikan Honda, dan Michael sebagai test ridernya. Fungsi yang paling berbeda, adalah fungsi dinamis yaitu ketika motor sedang menikung dan miring. Selain itu fungsi lainnya adalah sebagai kontrol traksi agar ban tidak kehilangan traksi saat menikung. Unutk kami menggunakan software unik khusus untuk motor,” pungkas Schnee. (otosport.co.id)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa