Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tiga Truk MotoGP Tak Terpisahkan

billy - Kamis, 30 Juni 2011 | 14:23 WIB
No caption
No credit
No caption



Dalam setiap laga MotoGP di dataran Eropa, paling sedikit akan ada 3 truk lengkap dengan kontainernya nongkrong di belakang paddock. Tiga truk tersebut memiliki misi yang berbeda-beda. Seperti dikatakan oleh Gavin Matheson, press officer Yamaha Factory Racing ketika mengajak otosport.co.id berkeliling di gelaran MotoGP Assen beberapa waktu lalu.

"Setiap truk memiliki fungsinya masing-masing yang tak bisa digantikan oleh truk lain. Kehilangan 1 truk, akan berakibat sangat fatal bagi tim. Rata-rata truk yang berada di belakang paddock ini memiliki fungsi sama antar tim," ucap pria ramah ini.

Satu truk akan berfungsi sebagai tempat bersemayam pembalap. Di dalamnya, pembalap menenangkan diri, melakukan komunikasi dengan anggota tim dan lainnya. Sedangkan satu unit truk yang biasa terletak di tengah berisi berbagai komponen spare part.

Semua komponen, mulai dari baut sampai fairing tersedia. Penempatannya juga sangat rapi. Ini memudahkan bagi pencari komponen. Tidak sembarang orang maupun kru bisa masuk ke kontainer ini, karena berhubungan dengan komponen penting.

Di Yamaha Factory Racing, nama Susan merupakan orang yang sangat hafal penempatan spare part. "Kami tinggal hubungi lewat radio dan dia akan memberikan. Sangat cepat dan mudah bagi dia menemukan yang kami mau," tambah Wilco Zeelenberg, team manager Yamaha Factory Racing.

Truk terakhir merupakan truk yang paling penuh dan sering dikunjungi petinggi dan anggota tim. Pasalnya di dalamnya terdapat orang-orang yang akan menganalisa berbagai kemungkinan. Mulai dari cuaca yang selalu berubah ketika MotoGP Assen, kemungkinan berada di depan, analisa motor dan lainnya. Para analis ini sangat jarang meninggalkan tempat duduknya untuk bergabung di paddock. (otosport.co.id)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa