Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mobil Nasional Super Irit Sapu Angin Generasi Terbaru Siap Diluncurkan

Kamis, 22 Maret 2012 | 06:03 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Surabaya - ITS Team Sapu Angin, kembali menruskan inovasinya pada pengembangan konsep mobil super irit Sapu Angin, yang kini sudah sampai pada generasi ke 6 dan ke 7. Rencananya, 28 Maret mendatang kedua mobil ini akan diluncurkan.

Gedung Robotika ITS akan menjadi lokasi peluncurannya, yang nantinya akan kembali ditarungkan dalam ajang Shell Eco-marathon (SEM) Asia 2012. Tentu saja, dalam peluncuran ini, Sapu Angin generasi terkini akan menampilkan inovasi terbarunya.


SAPU ANGIN memiliki rekor yang baik selama mengikuti SEM Asia. Pada SEM Asia 2010 yang lalu, SA 2 berhasil menyabet dua penghargaan yaitu Combustion Grand Prize dan Gasoline Fuel Award untuk kelas urban concept dengan jenis mesin internal combustion berbahan bakar bensin yang mampu menempuh jarak 237,8 Km/liter.

Setahun kemudian pada ajang yang sama SA 4 kembali menyabet dua gelar yaitu Internal Combustion Grand Prize dan Alternative Diesel Fuel Award pada kelas yang sama yaitu urban concept dengan mesin diesel berbahan bakar biodiesel jenis FAME dengan perolehan konsumsi bahan 149,8 Km/liter.

"Tahun ini merupakan tahun ke–3 bagi kami untuk ikut dalam ajang SEM Asia. Kami menargetkan konsumsi bahan bakar sebesar 2000 Km/liter untuk SA 6 dan 700 Km/liter untuk SA 7. Kami optimis bisa mencapai target yang telah kami tetapkan." ujar Manajer umum ITS Team SA 2012, Yoga Dwi W.
 
Shell Eco-marathon  (SEM) Asia tahun ini akan diselenggarakan pada 4 – 7 Juli 2012 mendatang yang masih mengambil tempat di sirkuit internasional Sepang, Malaysia. SA 6 rencananya akan ikut pada kelas prototype dan SA 7 pada kelas urban concept.

Peserta SEM Asia tahun ini mengalami peningkatan cukup signifikan. Tercatat jumlah tim yang akan berpartisipasi berjumlah 146 tim dari 17 negara. Dari Indonesia sendiri tim yang terdaftar mengikuti kompetisi ini berjumlah 18 tim yang berasal dari berbagai kampus diseluruh Indonesia.

Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan 4 tim, Universitas Sumatera Utara (USU) dengan 1 tim, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dengan 3 tim, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dengan 2 tim, Universitas Indonesia (UI) dengan 3 tim, Politeknik Negeri Jakarta dengan 1 tim, Politeknik Negeri Pontianak (PolNep) dengan 2 tim, Universitas Gadjah Mada (UGM) dengan 1 tim dan Politeknik Manufaktur Negeri (POLMAN) Bandung dengan 1 tim. (mobil.otomotifnet.com)


Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa