Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ragam Tema Cutting Sticker, Kerennya Setara Airbrush!

Editor - Jumat, 25 Juni 2010 | 06:19 WIB
No caption
No credit
No caption

 
No caption
No credit
No caption

Custom

OTOMOTIFNET - Belakangan tren cutting sticker (CS) di komunitas pembesut Kawasaki Ninja 250 kian merajalela. Bisa dibilang secara statistik 3 dari 5 pemilik motor sport berlambang K ini, terutama di kawasan Jakarta dan sekitarnya, umumnya mengaplikasi gaya tersebut. Temanya pun unik-unik lo. Penasaran kan? Yuk ikuti ulasannya.

Masking/Polos
Ini tema paling basic. "Semua bodi cuma dibungkus full stiker sampai bawaan cat pabrik tak terlihat lagi," terang Deddy dari Nineworks Graphic (NG) di Jl. Ciputat Raya No1, Tanah Kusir, Jaksel.

Ini buat yang mau ganti kelir bodi standar tanpa harus cat ulang. Sip buat melindungi kelir bodi asli dari goresan yang tak diundang.

Masking bertarif paling mahal. Untuk satu bodi full, berbanderol Rp 1 jutaan. "Maklum, karena permukaannya luas dan butuh banyak stiker, jadi harga menyesuaikan," jelas Endy dari Wien's Sticker (WS) yang menjamin teknik tempelannya gak ada sambungan.

Soal warna, bebas. "Asalkan sifatnya ‘nge-blok'. Jadi seandainya fairing ke depan berwarna merah, dan ke belakang warna hijau, harga tetap dibanderol sama," ujarnya.

 
No caption
No credit
No caption

Racing look
 
Vektor

Racing Look
Sesuai genrenya, wajar jika banyak pemilik Ninja 250 yang kepincut grafis tunggangan MotoGP. Bahkan, desain motor World Super Bike (WSB) juga kerap jadi acuan. Misal kelir motor Valentino Rossi sangup dicopy paste.

Harga, jika andalkan warna standar pabrik, dihargai Rp 450-850 ribuan. Misal warna dasar motor hijau, motif yang dipilih; tim Kawasaki di MotoGP. Maka harga Rp 450-850 itu berlaku.

Beda kalau warna dasar diubah. Karena bodi motor harus dimasking dulu sebelum grafis ditempelkan, maka itu artinya konsumen harus bayar tarif masking plus tarif sesuai grafis yang dimau.

Vektor
Pilihan buat yang maunya simpel. Bermain dengan 2-3 warna serta tulisan atau gambar utama di bagian fairing, jadi benang merah grafis vektor. "Pokonya simpel, tapi tetap menarik," Deddy.

Misal, untuk tulisan biasanya dipilih merek parts racing yang jadi favorit si pemilik motor. Masalah harga, gak jauh beda dengan kisaran harga CS bergrafis GP look yakni Rp 450 ribu - Rp 1 jutaan tergantung desain yang dimau.

Custom
Mau tampil beda atau sedikit nyentrik? Kalau begitu bisa eksplor dengan tipe grafis yang satu ini. Sesuai namanya, gak ada pakem khusus pada gaya CS ini. Mau bermain dengan gambar atau tulisan, pokoknya bebas!

Nah karena gak ada pakemnya, motif yang jadi favorit selalu berubah-ubah alias musiman! Misal, "Menyambut gelaran sepakbola Piala Dunia tahun ini, beberapa pembesut Ninja 250 mengaplikasi motif bendera negara-negara yang ikut berlaga dalam event akbar itu," tutur Rachmat W, penggawang NWG.

Tingkat kesulitan membuat tema ini relatif lebih ruwet dibanding motif lainnya. Namun karena belakangan pemain CS makin menjamur, tarif pemasangannya kian bersaing. Misal Endy dari WS berani pasang harga di bawah Rp 1 juta untuk semua jenis motif custom, NG malah buka tarif hanya Rp 550 ribu.

"Bahan sticker pakai Oracal dan pemasangannya kami garansi. Kalau stiker sampai muncul gelembung, akan diganti baru free tanpa dipungut biya lagi," tukas Rachmat.

Wien's Sticker : 021-3272 8090
Nine Works Graphic : 021-91125969

Penulis/Foto: Atenx / Atenx, Tigor

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa