Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jagonya Reparasi Interior, Kabin Ciamik Tanpa Magic

Editor - Senin, 19 April 2010 | 16:02 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Kesal sama interior berbahan leather (kulit) ori mobil Anda karena sudah termakan usia atau rusak?

Jangan diganti baru dulu kalau masih sayang dengan yang lama. Karena Anda bisa mereparasinya, contoh kulit jok sobek, retak-retak, dasbor pecah/sobek atau doortrim baret dan sebagainya.

“Segala kerusakan bisa direkondisi kembali seperti baru lagi,” jelasnya Haryadi Handoyo, spesialis interior dari bengkel Sinar Panca Logam, di Surabaya. Ssttt...pake magic nih?

DASBOR & DOORTRIM
Khusus rekondisi dasbor atau doortrim berbahan plastik yang telah usang, retak ataupun baret, Hary (panggilan Hariyadi Handoyo) menggunakan teknik dempul, cat ulang dan ukir.

Contoh dasbor yang sudah pecah akibat airbag yang mengembang (meledak) bisa dikembalikan seperti semula. Bahkan tekstur dasbor yang sudah rusak itu bisa kembali seperti semula (aslinya).

No caption
No credit
No caption

Diukur mirip vulkanisir ban
No caption
No credit
No caption

Pecah-Pecah seperti ini, direkondisi aja!

Dengan ramuan khusus doortrim baret bisa balik ke kondisi semula

Rahasianya ada di ramuan cat dan teknik pengerjaannya. Namun untuk ramuan catnya, Hary enggan buka rahasia. “Yang jelas campuran dari beberapa merek cat dan bahan kimia,” ucapnya.

Untuk teknik pengerjaan, pria 38 tahun ini mau buka rahasia dapurnya. Bagian yang pecah atau retak didempul dasar lebih dulu. Lalu disemprot dengan dempul halus. Karena tekstur asli sudah tertutup dempul, harus diukir secara manual pakai kawat baja runcing. “Ini untuk mengembalikan tekstur aslinya,” jelas Hary.

Teknik ukir ini mirip vulkanisir ban. Harus mengikuti alur tekstur aslinya. Butuh ketelitian dan kesabaran agar hasilnya sempurna. Bagian yang hanya mengalami baret-baret tak perlu diukir tapi cukup disemprot cairan kimia khusus lalu dicat saja.

Hary berani mengklaim kalau ramuan catnya dijamin tahan lama, gak lengket, tidak bau dan warnanya sesuai warna dasbor atau doortrim aslinya yang kebanyakan dof.

Tak heran kalau reparasi itu makan waktu maksimal 1 minggu. Soal biaya berkisar Rp 400 ribu hingga Rp 1,5 juta per mobil, tergantung luas kerusakan dan tingkat kesulitan tekstur.

JOK KULIT
Sama halnya dasbor, jok berbahan kulit asli yang sudah usang kerap mengalami pecah-pecah. Biasanya termakan usia atau terjemur matahari. Daripada ganti bahan kulitnya lebih baik direkondisi. Syaratnya, selama kulit itu tak terkelupas.

Caranya, jok terlebih dulu dibersihkan dari debu yang menempel. Lalu dicat ulang dengan suhu tertentu pakai cat khusus yang juga ramuan sendiri. Setelah mengering hasilnya langsung terlihat.

Meskipun kulit ditekuk, cat enggak bakal pecah. “Rekondisi setir bahan kulit juga bisa,” jelas pria yang akan buka cabang di Papua, Dili dan Darwin Australia ini. Soal biaya, dipatok sekitar Rp 250 ribu sampai Rp 750 ribu per mobil. Dengan estimasi waktu pengerjaan 1 sampai 3 hari.

Tanpa magic kan?

Sinar Panca Logam
Jl.Ngagel Jaya Selatan 117, Surabaya
Tlp (031) 7136-9333 / 08283452909

Penulis/Foto: Domas / Domas

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa