Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Apa Itu Asuransi SWDKLLJ Di STNK? Bagaimana Cara Ngeklaimnya?

Editor - Senin, 5 April 2010 | 16:10 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Setiap kali memperpanjang atau bikin baru STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor), Anda pasti akan dikenai iuran SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan), yang tercantum pada lembar surat ketetapan pajak daerah. Apaan sih tuh dan bagaimana cara klaimnya jika terjadi kecelakaan?

MAKSIMAL Rp 25 JUTA

Ketika STNK jadi, biasanya Anda akan menerima secarik kupon dari pihak Jasa Raharja (JR), selaku penjamin asuransi. Di situ tertera besarnya santunan sesuai Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No.36/PMK.010/2008.

Berdasarkan keputusan PMK Pasal 1 ayat 2, SWDKLLJ merupakan premi asuransi yang dibayarkan oleh para pengusaha/pemilik alat angkutan lalu lintas jalan, kepada perusahaan yang menyelenggarakan dana pertanggungan wajib kecelakaan penumpang dan dana kecelakaan lalu lintas jalan, dalam hal ini yang ditunjuk adalah JR.

No caption
No credit
No caption

Besarnya premi asuransi per tahun bisa dilihat dilembaran surat ketetapan pajak daerah pada STNK
No caption
No credit
No caption

Bukti sumbangan ajib SWDKLLJ mesti disimpan baik-baik untuk proses pengajuan klaim asuransi

Korban kecelakaan wajib melaporkan kejadian ke Polres terdekat

Besar santunan bagi ahli waris dari korban yang meninggal dunia sebesar Rp 25 juta. Korban kecelakaan yang mengalami cacat tetap, maksimal dapat santunan Rp 25 juta. Sedangkan bagi korban yang memerlukan perawatan dan pengobatan, berhak dapatkan santunan berupa penggantian biaya perawatan dan pengobatan dokter maksimal Rp 10 juta.

Untuk korban meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas yang tidak mempunyai ahli waris, kepada pihak yang menyelenggarakan penguburan akan diberikan penggantian biaya penguburan sebesar Rp 2 juta.

Menurut sumber dari kantor JR Cabang DKI Jakarta, Jl. Kalibesar Timur No. 10 Jakbar, untuk bisa memperoleh dana santunan penggantian biaya penguburan, prosesnya tak terlampau berbelit. "Cukup menyertakan KTP asli korban yang meninggal dan surat kematian dari kelurahan setempat," tambah narasumber yang enggan disebutkan jati dirinya ini.

SURAT KETERANGAN

Untuk melakukan klaim asuransi ini harus melalui prosedur sebagai berikut. Langkah pertama, menghubungi kantor JR terdekat (informasi kantor cabang bisa klik www.jasaraharja.co.id).

 Setelah itu Anda musti mengisi formulir pengajuan, yang bisa diminta secara gratis di setiap kantor cabang/perwakilan JR terdekat. Lengkapi berkas pengajuan tadi dengan surat keterangan kecelakaan Lalu Lintas dari kepolisian.

"Korban atau pihak keluarganya bisa langsung minta (surat keterangan kecelakaan, red) ke Polres setempat, di mana kecelakaan tersebut terjadi," kata Kompol. Herman Ruswandi, Kasi. Laka. Dirlantas Polda Metro Jaya, yang dihubungi melalui telepon genggamnya

Jika terdesak dana untuk berobat ke dokter atau rawat-inap di rumah sakit (RS), pemohon bisa menyertakan surat keterangan dari dokter atau RS yang bersangkutan. Kalau cuma luka-luka, bisa melengkapi dengan kuitansi biaya pengobatan yang asli dan sah.

 Khusus untuk korban meninggal dunia, pihak ahli waris atau keluarga harus menyertakan kartu keluarga (KK), atau surat nikah bagi korban yang sudah menikah. Kalau semua berkas sudah lengkap, pihak JR memberi jaminan waktu pencairan dana santunan tak lebih dari 3 hari kerja.

Tarif SWDKLLJ (Peraturan Menteri Keuangan RI Nomor 36/PMK.010/2008)
Gol. Jenis Kendaraan Tarif SWDKLLJ
A Sepeda Motor 50 cc ke bawah Rp 3 ribu
C1 Sepeda motor & scooter diatas 50cc s/d 250 cc, kendaraan bermotor roda tiga Rp 35 ribu
C2 Sepeda motor dan scooter diatas 250cc Rp 83 Ribu
DU Mobil penumpang & angkutan umum s/d 1600 cc Rp 73 ribu
DP Pick up/mobil barang,sedan,jip s/d 2.400 cc, dan mobil penumpang non angkutan umum Rp 143 ribu


Penulis/Foto: Anton / Anton, Dolok

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa