Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mau Belajar Nyetir? Coba Dulu Honda Automobile Driving Simulator

Editor - Senin, 29 Maret 2010 | 11:54 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Mirip game di mall

OTOMOTIFNET – Yang pernah hadir dan berpartisipasi dalam kegiatan safety riding oleh PT Astra Honda Motor (AHM) pasti sudah pernah mencoba simulator berkendara sepeda motor atau AHM menyebutnya Honda Riding Trainer.

Bentuknya seperti sepeda yang menyerupai kondisi sedang berkendara, lengkap dengan stang dan tuas rem serta tuas transmisi di kaki. Di hadapannya ada sebuah monitor komputer yang menggambarkan simulasi jalanan beserta keadaan yang menyerupai kenyataan. Dari mobil yang lalu lalang hingga bertemu perempatan dan orang menyebrang.

Selama ini kita memang hanya mengenal simulator untuk sepeda motor saja, tapi ternyata Honda Motor Co., Ltd. di Jepang juga memiliki perangkat serupa khusus untuk simulasi mengemudikan mobil. Bentuknya malah lebih mirip saat bermain game di mall-mall.

Ada jok dan setir layaknya di dalam kabin mobil, hanya bedanya bagian kaca depan digantikan oleh sebuah layar monitor besar. Tampilan layar monitor ini sama saja dengan Honda Riding Trainer. Menggambarkan keadaan lalu lintas di jalanan.

Alat yang diberi nama Automobile Driving Simulator ini pertama kali dipasarkan pada tahun 2001, dan pada 2010 ini muncul “All New Automobile Driving Simulator” yang merupakan pengembangan dari versi sebelumnya. Diantaranya adalah high-definition LCD 42-inch dan pengoperasian yang lebih mudah dengan touch screen.

Tampilan gambar di dalamnya juga diperbaiki, bila sebelumnya hanya tersedia 2-axis motion base type sekarang ditingkatkan hingga 6-axis motion base type yang membuat tampilan gambar lebih hidup dan mendekati kondisi nyata.

Selain itu untuk lebih meningkatkan pelatihan mengemudi dengan menggunakan alat ini, kini dilengkapi juga dengan tambahan grafik dan teks yang isinya peringatan dan penjelasan kondisi dimana pengemudi harus berhati-hati.


Dilengkapi dengan teks penjelasan dan saran untuk menghindari bahaya

Lalu ada juga saran yang bisa muncul sewaktu-waktu untuk memastikan pengendara tetap aman dalam kondisi yang berpotensi bahaya. Fungsi baru ini tentunya membantu instruktur memberikan penjelasan yang lebih detail dan lengkap pada pengendara.

Dan menariknya agar lebih mendekati kenyataan, Automobile Driving Simulator terbaru ini juga dilengkapi dengan beberapa pilihan kondisi jalan. Ada Night mode, Fog mode and Highway experience version yang bisa dipilih.

Bila kabarnya Honda telah menjual lebih dari 200 unit alat ini diseluruh dunia termasuk Jepang, giliran masuk Indonesia kapan ya?

Penulis/Foto:Popo/Honda

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa