Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Menyongsong Era Motor Injeksi Bersama Otonetters Dan Komunitas Honda Se-Jogja

Editor - Senin, 8 Februari 2010 | 07:41 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Para peserta dari komunitas klub motor Honda, Otonetters dan Guru serta Dosen

OTOMOTIFNET - “One Day Workshop Motor Injeksi Honda” kembali digelar. Kali kedua ini sedikit berbeda dengan workshop sebelumnya (klik di SINI) yang digelar di Astra Honda Training Centre (AHTC), Sunter, Jakarta. Pertama karena lokasinya bukan lagi di Jakarta tapi kini berlangsung di Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Dan yang kedua adalah workshop di kota pelajar ini juga membuka diri bukan hanya untuk Otonetters (anggota forum OTOMOTIFNET.com). Tapi juga terbuka bagi komunitas klub-klub motor pengguna Honda di Yogyakarta yang pada kesempatan ini di wakili oleh klub-klub yang tergabung dalam Paguyuban Motor Honda Yogyakarta (PMHY).
 
Lebih komplit lagi karena para dosen dan guru-guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Yogyakarta juga berkesempatan untuk mempelajari lebih dalam seputar teknologi motor injeksi Honda. “Penting rasanya menyampaikan teknologi injeksi ini kepada masyarakat secara luas karena teknologi ini adalah teknologi masa depan,” buka Handy Hariko, Deputy General Manager Technical Service Division, PT Astra Honda Motor (AHM).

“Teknologi injeksi yang sudah di pakai pada Honda Supra X 125 ini memiliki banyak keunggulan seperti hemat bahan bakar dan performanya lebih baik,” lanjut Istiyani Susriyati, General Manager Honda Customer Care Center, PT AHM. Hal yang sama juga disampaikan oleh Tim Leader Otomotif Digital Media yang juga admin forum OTOMOTIFNET.com, Zoelis.

“Seandainya pemerintah menaikkan standar emisi gas buang menjadi Euro 4, semua sepeda motor pasti akan meninggalkan karburator dan menggunakan teknologi injeksi. Pada kapasitas mesin yang sama, dengan injeksi bahan bakar dapat menghemat hingga 6 persen. Kalikan saja dengan peredaran sepeda motor di Indonesia, maka akan ada penghematan bahan bakar hingga triliyun-an rupiah tiap tahun," yakin Zoelis.

Bagaimana dengan materinya? Kurang lebihnya sama dengan yang diberikan pada workshop di Jakarta dan sama juga dengan yang diberikan pada mekanik-mekanik bengkel resmi Honda (AHASS). Sesi pertama dibuka dengan teori cara kerja mesin injeksi dan pengenalan pada part-part yang dipakai dalam mesin injeksi.

Sedang pada sesi kedua (praktik) dilakukan di bengkel Prototype AHASS di jurusan Otomotif, FT UNY dulunya merupakan hasil kerja sama antara UNY dan PT AHM. Di bengkel yang juga melayani kursus mekanik ini para peserta langsung diajak praktik menganalisa dan menanggulangi kerusakan-kerusakan pada mesin injeksi.

“Pesertanya sangat antusias dengan pertanyaan-pertanyaan yang menurut saya cukup berbobot, khususnya dari pada guru SMK dan pada dosen,” ungkap Endro Sutarno, Instrukstur Senior dari Astra Honda Training Center (AHTC). "Animonya sangat besar, registrasi di pagi hari hanya 50 orang, makin sore makin banyak hingga 72 orang," bangga Handy Hariko.

Kota lain sabar ya!

Penulis/Foto: Popo

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa