Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sirkuit Motorland Aragon, Spanyol

billy - Kamis, 14 Januari 2010 | 21:23 WIB
No caption
No credit
No caption

 
OTOSPORT - Ciudad del Motor de Aragón atau yang lebih dikenal sebagai sirkuit Motorland Aragón. Merupakan sebuah lintasan balap yang berada di dekat kota Alcañiz, Spanyol.

Aragón didesain oleh arsitek terkenal dari Jerman, Hermann Tilke. Bekerja sama dengan Foster Partners, sebuah perusahaan arsitektural dari Inggris. Selain itu pembalap F1 Pedro de la Rosa juga dilibatkan sebagai konsultan teknis dan olahraga.

Sirkuit ini memiliki 2 konfigurasi berbeda untuk penyelenggaraan balap mobil dan motor. Perbedaannya terletak di tikungan terakhir sebelum finish. Untuk balap mobil, tikungan terakhir berupa hairpin. Sedangkan untuk balap motor, tikungan terakhirnya berbentuk parabolik.

Untuk motorsport, sirkuit Aragon memiliki panjang lintasan 5.078 meter dengan 16 tikungan. Sedangkan untuk otosport lintasannya lebih panjang dan tikungannya lebih banyak. Yakni panjang 5.344 meter dengan 18 tikungan.

Sirkuit ini mulai dipakai untuk balap MotoGP sejak tahun 2010. Tepatnya pada 18 Maret 2010, Aragon ditunjuk sebagai pengganti GP Hungaria yang dilaksanakan di sirkuit Balaton. Penyebabnya adalah pengerjaan yang belum selesai hingga GP Hongaria harus ditunda.

Ini sekaligus menambah rekor Spanyol sebagai penyelenggara MotoGP terbanyak. Yaitu 4 kali dalam satu musim. Sirkuit ini kembali masuk dalam kalender MotoGP 2011. Tahun lalu, Dani Perdrosa menjadi pemecah rekor lap tercepat dengan catatan waktu 1 menit 49.521 detik. Sedangkan juara GP Aragon 2010 adalah Casey Stoner.


 Data sirkuit Motorland Aragon, Spanyol
 Nama sirkuit  Ciiudad Del Motor de Aragon
 Dibuka
 2010
 Mulai digunakan
 2010
 Tanggal balapan
 18 September 2011
 Panjang sirkuit
 5.078 meter
 Jumlah tikungan
 18
 Rekor lap tercepat
 1:48:942 detik - Casey Stoner, tahun 2010  
 Pemenang tahun 2010
 Casey Stoner - Ducati Marlboro (MotoGP)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa