Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Demi Keselamatan, Mobil Ramah Lingkungan Wajib Berisik

billy - Rabu, 13 Juli 2011 | 13:02 WIB
No caption
No credit
No caption


Amerika – Bagi sebagian orang mobil yang senyap tentu menjadi impian. Namun, hal berbeda justru akan dialami oleh mobil ramah lingkungan (hybrid dan elektrik) di Amerika. Pasalnya, dengan alasan keselamatan pejalan kaki, mobil minim suara tersebut harus dibikin lebih berisik.

Mengenai hal ini pihak senator Amerika juga meloloskan peraturan mengenai kewajiban mobil ramah lingkungan untuk menambah sistem suara untuk memperingatkan keberadaan mobil itu pada pejalan kaki.

Bahkan perangkat ini akan menjadi standar baku pada setiap kendaraan ramah lingkungan di sana, walaupun sebelumnya sempat menjadi perdebatan dari pihak produsen.

Badan keselamatan jalan raya Amerika, National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) berpendapat jika regulasi ini dibuat untuk menghindari kecelakaan para pejalan kaki dari mobil ramah lingkungan yang bertambah banyak dari waktu ke waktu.

U.S. Transportation Secretary, Ray LaHood mengatakan , ”Jalanan Amerika harus aman bagi siapapun penggunanya. Meski kita menyelamatkan lingkungan dengan mobil bebas emisi, tetapi kita juga harus menyadari efeknya pada pejalan kaki dan pengendara sepeda,” ujarnya.

Pengaturan regulasi ini mungkin memakan waktu beberapa, tapi akhirnya badan tersebut akan mengevaluasi sistem kebisingan dan akan mempublikasikan rekomendasinya dalam Daftar Federal. Pada saat itu, publik akan memiliki 30 hari untuk mengajukan komentar pada aturan NHTSA yang diusulkan. (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa