Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

McLaren MP4-12C GT3, Versi Balap dari MP4-12C

billy - Jumat, 6 Mei 2011 | 17:03 WIB
No caption
No credit
No caption


Inggris - Mobil balap garapan McLaren, yakni MP4-12C GT3 tentu sangat fenomenal di lintasan jalan raya. Tapi bagaimana kalau di lintasan balap? McLaren akan segera memberikan jawabannya ketika memberikan lampu hijau untuk memproduksi versi mobil balapnya.

Hanya 20 unit salinan MP4-12C yang akan dibangun menjadi MP4-12C GT3, dengan taksiran harga jual nantinya sekitar Rp 4,3 miliar. Uniknya, kalau mobil lain biasanya meningkatkan tenaganya untuk versi balap, ini malah sebaliknya.

Ya, Managing Director Antony Sheriff mengatakan bahwa perusahaan tidak akan menawarkan berlebihan pada MP4-12C GT3 versi balap ini, namun sebaliknya, akan berusaha memenuhi kebutuhan pelanggan yang spesifik, dengan menurunkan tenaga mesinnya.

McLaren MP4-12C versi jalan raya memiliki mesin McLaren M838T Turbo berkonfigurasi V8 dengan kapasitas 3.8 liter bertenaga sebesar 592 bhp, sementara versi balap GT3 ini diturunkan menjadi hanya 493 bhp. McLaren beralasan dengan tenaga segitu, McLaren MP4-12C dapat lebih mudah dikendalikan, tenaganya pun dapat dikelola dengan baik.

Begitu juga dengan transmisinya, kalau versi jalan raya didukung transmisi kopling ganda 7 speed, maka di versi balapnya mobil ini menggunakan transmisi sequential 6 speed. Berat tubuhnya juga lebih ringan dari versi jalan rayanya.

Sementara tampangnya nanti, tentu akan dipermak agar lebih modis dan tidak terkesan sebagai supercar konvensional, sebagaimana McLaren mendapat kritikan akan desain MP4-12C GT3 versi balap tersebut.

McLaren menggunakan bahan carbon fiber MonoCell yang dicampur dengan alumunium pada rangka bagian depan dan belakang, serta panel bodi yang juga terbuat dari carbon fiber. (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa