Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Scion FR-S Concept, Hachi Roku Ala Amerika

billy - Jumat, 22 April 2011 | 16:07 WIB
No caption
No credit
No caption


New York – Anak perusahaan Toyota di Amerika, Scion menampilkan debutan sportscar konsep mereka, FR-S di ajang New York Auto Show 2011. Yup, mobil konsep yang satu ini memang kembaran dari Toyota Hachi Roku, alias FT-86 II Concept yang mendebut di Geneva Motor Show 2011, bulan Maret silam.

Nama FR-S sendiri diambil dari istilah "front-engine, rear-wheel-drive sport” alias mesin depan, penggerak belakang. Istilah ini diambil dari konfigurasi mesin-penggerak pendahulunya, Toyota Corolla AE 86, yang hingga kini masih banyak dipakai di arena Drifting.

Meski sama-sama memiliki sasis yang dikembangkan bersama Subaru, tapi tampilan FR-S terasa lebih sporty ketimbang kembarannya asal Jepang itu. Tak heran, karena menurut Jack Hollis, Scion Vice President, FR-S dkembangkan dari DNA mobil sport legendary Toyota, seperti 2000 GT dan Corolla AE 86.

Hal ini terasa berkat penggunaan headlamp LED berujung tajam. Selain itu, style sporty hadir dari bumper depan yang berlekuk seksi ditunjang dengan penggunaan kisi-kisi pendingin yang besar. Oiya, FR-S juga tidak menerapkan banyak lampu LED, yang membuat kembarannya FT-86 II terasa aneh.

Desain siluet coupe nan sporty terasa kental dari sisi samping FR-S. Hal ini berkat penerapan atap yang rendah, serta garis bodi yang terasa padu hingga bodi belakang. Bahkan, dengan tampilannya yang sporty, membuat FR-S dijuluki versi mini dari Lexus LF-A.  

Sebagai sumber tenaga, FR-S dibekali mesin Boxer 2.000 cc naturally aspirated, yang dibekali girboks manual dan otomastis 6-speed. Sayangnya, Scion

Semakin sporty, FR-S dilengkapi pelek berbentuk kaki laba-laba berukuran 20 inci. Pelek unik ini seolah menyembunyikan rem cakram berbahan karbon keramik berdiameter 18 inci. Dahsyat! (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa