Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mitsubishi Pajero Sport Bakal Pakai Mesin Diesel Baru, Teknologi VGT

Billy - Sabtu, 23 April 2011 | 09:03 WIB
Mitsubishi Pajero Sport Dakar 2012 DID Hi-Power
Dok. OTOMOTIF
Mitsubishi Pajero Sport Dakar 2012 DID Hi-Power

Otomotifnet.com - Mitsubishi Pajero Sport tampaknya akan segera punya varian baru. Sport Utility vehicle (SUV) bermesin diesel berlambang Tiga Berlian ini akan dijejali mesin baru yang diklaim lebih bertenaga.

“Mesin baru ini lebih bertenaga tanpa menaikkan kapasitas mesin,” sebut Eiichi Koito, Director Marketing Division  PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) saat meluncurkan mesin anyar ini di markas KTB, Jumat (15/4/2011).

Menurut Rizwan Alamsjah,  Marketing Director  KTB di acara sama,  adanya mesin baru itu sebagai respons KTB terhadap permintaan konsumennya. “Ada yang ingin tenaga lebih besar,” sebut Rizwan lagi.

Sejatinya, mesin anyar itu hanyalah hasil pengembangan dari mesin sebelumnya. Pajero Sport dibekali mesin diesel  berkode 4D56 berkapasitas 2.500 cc, turbocharged intercooler. 

Pada mesin ini, tenaga yang dihasilkan sebesar  136 dk pada putaran mesin 3.500 rpm. Nah, mesin barunya yang akan segera dijajakan itu, mengalami perombakan pada peranti turbo-nya.

Yaitu ditambahkan Variable Geometry Turbo (VGT) semacam sirip yang bekerja beradasarkan  gas buang yang dihasilkan

Fungsi dari VGT ini mengatur tekanan gas buang  sehingga bisa optimal memutar turbin dalam rumah keong. Alhasil, tenaga yang dihasilkan juga lebih optimal. 

Berkat perombakan pada rumah keong ini, pihak pabrikan mengklaim tenaga pada mesin Pajro sport bisa melonjak hingga 176 dk pada 4.000 rpm.

“Kita mau menaikkan tenaga tetapi enggak mau menaikkan kapasitas mesin. Hal ini berhubungan dengan pajak yang akan dikenakan pada mesin diesel di atas 2.500 cc.

Maklum, sesuai regulasi yang ditetapkan pemerintah Indonesia, pajak kendaraan bermsin di atas 2.500 cc dikenakan lebih besar ketimbang mesin disel 2.500 cc ke bawah. Lantas, akankah Pajero naik harga?

Perihal ini, baik Rizwan maupun Koito tak mau berkomentar banyak.

“Soal itu, nanti kami akan umumkan pada waktunya. Begitupun dengan mesin ini, apakah akan dipakai pada model lain atau tidak, yang jelas saat ini untuk model SUV kami,” jelas Rizwan berteka-teki.

Boleh jadi pihaknya menyimpan teka-teki lantaran kini sejumlah pabrikan memang tengah menggodok aneka mobil anyar untuk pertarungan 2012 nanti.

Misalnya Toyota dan Daihatsu yang tengah menyiapkan produk anyar hasil kolaborasi. begitupun dengan Suzuki yang tengah bersiap dengan mobil kecilnya untuk menyambut aturan low cost  & green car dari pemerintah.

Lantas Mitsubishi yang ditengarai kini tengah mempersiapkan mobil kecil bertajuk Mitsubishi ASX yang rencananya akan dirakit lokal. Nah, perihal ini, Koito enggan berkomentar banyak.

“Hahaha...belum bisa berkomentar,” ujar penggemar fotografi ini.

Sementara itu, di pasaran Pajero Sport  dijual dengan rentang harga mulai Rp 359 juta- 451 juta di Jakarta. Lawan tangguh dikelas ini datang dari Toyota Fortuner dan Chevrolet Captiva.

Editor : Billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa