Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Suzuki Jimny Generasi Ketiga Ganti Mesin Agar Lolos Euro 5

billy - Senin, 15 November 2010 | 08:23 WIB
No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Pecinta Suzuki Jimny series di Indonesia boleh gigit jari, pasalnya cerita indah "si badak kecil" ini di tanah air hanya sampai eranya Suzuki Katana. Tapi di Jepang dan Eropa, Jimny tetap jadi primadona, bahkan terus di kembangkan hingga generasi ketiga dengan kode JB.

Nah, khusus generasi ketiga yang pertama kali diperkenalkan pada 1997 ini, kini mengalami perubahan mesin. Salah satu tujuan perubahan mesin ini adalah agar tetap lolos peraturan emisi gas buang di Eropa yang sudah mencapai level euro5.

Mesin baru yang dipakai sebenarnya masih menggunakan basis mesin sebelumnya yaitu mesin 1.300cc, empat silinder segaris dengan teknologi VVT. Tapi dengan mesin ini, Jimny dijamin lolos Euro5. Selain itu juga lebih hemat bahan bakar. Seperti di kutip dari Autoevolution Jimny mampu berjalan hingga 14 kilomter hanya dengan satu liter bensin.

Meski lebih hemat, tenaganya tidak berkurang, bahkan menjadi lebih baik. Mesin barunya ini tetap mampu mengelurkan tenaga hingga 85 dk. Terdengar kecil untuk pacuan 4x4 yang sering diajak bermain off road. Tapi ini lah Jimny meski tenaga nya tidak terlalu besar, namun bobot nya yang ringan membuat Jimny tetap perkasa.  

Jimny dengan mesin baru ini dilengkapi dengan dua pilihan gearbox, ada yang manual lima kecepatan dan otomatis empat kecepatan. Harga mulai dari EUR 15.990 atau sekitar Rp 190 jutaan.

Diharapkan dengan mesin barunya, Suzuki Jimny akan terus eksis di dunia. Hingga saat ini Jumny telah terjual lebih dari 2,5 juta selama 40 tahun terakhir.

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa