Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sejarah Kesuksesan Yamaha Vega, Terkenal Tangguh Dan Irit BBM Sejak Dulu

Selasa, 8 September 2015 | 10:00 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption
Jakarta – Sejarah dan nama besar Yamaha Vega ternyata sudah cukup melekat di mindset orang Indonesia. Sejak tahun 1999, Vega banyak digemari mulai dari mulai dari anak muda hingga orang tua karena ketangguhannya dan irit BBM.
No caption
No credit
No caption

Yamaha Vega pertama kali diluncurkan pada tahun 1999. Kala itu motor ini menggunakan mesin berkapasitas 105 cc warisan dari Yamaha Crypton, motor bebek 4-tak pertama Yamaha Indonesia dan bodi yang serupa dengan Yamaha F1Z-R.

Meski hanya 105 cc, tapi mesin ini terkenal kencang dan mudah dimodifikasi. Mulai dari balap liar hingga balap resmi banyak yang mengandalkan mesin atau komponen mesin ini. Jadi selain irit bensin, mesinnya juga mudah dibikin kencang.

No caption
No credit
No caption

Untuk memenuhi standar EURO 2, pada tahun 2006 Yamaha merilis Vega R dengan mesin 110 cc yang sejenis dengan punya Jupiter Z. mesin ini lebih ramah lingkungan dengan penggunaan Air Induction System (AIS), namun tetap hemat bahan bakar.
No caption
No credit
No caption

Masuk ke tahun 2010, Yamaha kembali merilis generasi terbaru yang bernama Vega ZR. Motor ini menggunakan mesin baru berkapasitas 115 cc, torsi yang dihasilkan lebih besar dan irit BBM. Sayangnya Vega ZR bisa dibilang tidak sesukes kakaknya yaitu Vega R 110 cc dan Vega 105 cc dalam hal penjualan.
No caption
No credit
No caption

Pada tahun 2013, Yamaha secara resmi mengganti nama Vega ZR menjadi Vega RR. Dengan mesin yang masih serupa, perubahan yang terjadi ada pada bodi depan dan penggunaan pelek jari-jari berwarna hitam.

Dengan bergulirnya regulasi EURO 3, sekarang Yamaha melakukan evolusi dan kini berganti nama kembali menjadi Vega Force. Nama Vega Force digunakan menggunakan nama besar Vega yang sudah banyak dikenal orang Indonesia. Masih menggunakan mesin 115 cc namun sudah injeksi dan dikembangkan sedemikian rupa sehingga makin irit dan lebih ramah lingkungan.

Karena masuk di segmen entry level dan terkenal tangguh serta irit BBM, Yamaha Vega banyak diandalkan untuk ‘mencari uang’. Bisa dilihat dari banyaknya yang menggunakan untuk kebutuhan niaga dan motor operasional perusahaan.

Semoga Yamaha Vega Force bisa mengembalikan masa kejayaan Yamaha Vega di akhir tahun 1990-an hingga tahun 2000-an awal. (motor.otomotifnet.com)


Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa