Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bersihkan Throttle Body by Wire, Cuma 10 Menit!

Otomotifnet - Minggu, 6 September 2015 | 16:09 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Membersihkan throttle body merupakan bagian dari tune up kendaraan. Pastinya setelah berjalan 10.000 KM, throttle body berpotensi kotor. Makin lama dibiarkan, pasti kotoran semakin menumpuk.

"Jika dibiarkan terus bisa menyebabkan idle tidak normal, respons butterfly lebih telat dibanding pedal gas, atau bahkan sama sekali tidak mau membuka karena tersangkut kotoran," terang Richard Herlambang, pemilik Jumara Autoworks di kawasan Karang Mulya, Jakbar. Obat paling mudah tentu dibersihkan throttle body-nya.

Namun kalau sudah mengadopsi drive by wire harus hati-hati. Prosedur sedikit berbeda dengan throttle body dengan tali gas, jika tidak ingin pusing dengan idle learning. Inti perlakuan berbeda ini demi menghilangkan proses idle learning. "Pada kendaraan Honda tidak bisa reset idle secara manual, cabut aki beberapa kali juga tidak menolong.

Harus menggunakan engine diagnostic khusus," jelas pemilik Honda Civic Wonder hatchback ini. Jika tidak, idle bisa di atas 1.000 rpm hingga 1.300 rpm. Tapi tenang saja ada cara lebih aman dan mudah untuk membersihkan throttle body Honda drive by wire. Tentunya bisa juga dilakukan sendiri di rumah dan hanya butuh waktu kurang lebih 10 menit saja.

Cukup sediakan kain lap bersih, sikat gigi bekas, 1 kaleng carburetor cleaner dan obeng plus. Silahkan ikuti panduannya. • (otomotifnet.com)

No caption
No credit
No caption

Buka kleman slang air intake yang berada tepat di depan throttle body dan di belakang boks saringan udara. Tarik slang air intake menjauh dari mulut throttle body dan tarik juga slang menjauh dari boks saringan udara

No caption
No credit
No caption

Tekan tombol engine start stop sebanyak 2 kali hingga instrument cluster menyala, jangan injak pedal rem supaya mesin tidak hidup. Kalau kendaraan yang masih menggunakan kunci kontak, posisikan pada posisi On, bukan di Start

No caption
No credit
No caption


Bisa minta bantuan teman atau keluarga di rumah untuk menginjak pedal gas. Kalau sedang sendirian, carilah batu bata untuk mengganjal pedal gas tersebut supaya senantiasa pada posisi full throttle

No caption
No credit
No caption

Semprotkan cairan carburetor cleaner ke bagian dinding ataupun venturi throttle body. Butterfly juga ikut dibersihkan. Jika kotoran agak membandel, bisa gunakan bantuan sikat gigi bekas untuk menggosoknya.



Keringkan dengan kain lap bersih dan cek kembali apakah masih ada kotoran. Pastikan bagian dalam throttle body sudah kering baru dirakit kembali seperti semula


Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa