Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ngabuburit Dengan Pernak- Pernik Rumah Tangga Yang Bermanfaat Buat Mobil

Jumat, 10 Juli 2015 | 16:11 WIB
No caption
No credit
No caption


Jakarta - Bayangkan bila anda sedang bersantai dirumah, tiba-tiba menemukan keadaan yang tidak beres dimobil seperti kabin yang dipenuhi semut karena ceceran cake atau aroma kabin yang kurang sedap karena lupa buang sampah. 

Mau dibawa ke salon mobil, rasanya terlalu berlebihan karena masalahnya sepele. Sementara kondisi seperti ini membutuhkan penanganan segera. Namun tak usah bingung, apalagi panik! Pernik-pernik rumah tangga disekitar anda bisa juga kok diandalkan sebagai penuntas masalah ringan tersebut.  

Mau tahu apa saja pernak-pernik rumah tangga yang bisa dimanfaatkan untuk menyelamatkan kendaraan anda disaat darurat? Yuk kita ikuti ulasan berikut ini.


SABUN CUCI PIRING

Hujan dengan intensitas tinggi memang menjadi momok bagi pengemudi, terlebih bila cairan wiper-nya hanya mengandalkan air biasa. Pasti kurang tangguh untuk membersihan kotoran yang dibawa oleh air hujan. Paling sip tentunya menggunakan cairan pembersih khusus wiper.

Namun bila kebetulan sedang kehabisan cairan khusus tersebut, bisa mencoba untuk menggunakan sabun cuci piring yang biasa ada di wastafel dapur. Kandungan bahan aktif dari ekstrak jeruk-nya bisa dengan mudah mengusir kotoran seperti debu, tanah, atau partikel asap yang menempel di kaca depan. Namun pastikan sabun cuci piring yang digunakan adalah berbentuk cair. 


SABUN BATANGAN

Saat tangki bahan bakar mendadak diketahui bocor karena keropos ataupun membentur benda keras, pertolongan pertama yang bisa dilakukan adalah menambalnya dengan sabun batangan. Lho? Kok sabun batangan? Rupanya sifat kimia sabun batangan yang bereaksi menjadi semacam perekat saat terkena bensin inilah yang membuatnya menjadi senjata pamungkas. 

Caranya dengan memotong kecil bagian sabun batangan sesuai kebutuhan, lalu segera tempelkan bada bagian tangki yang berlubang. Niscaya dalam hitungan detik, bensin tak lagi merembes. Namun hal ini hanya dapat dimanfaatkan untuk kondisi darurat ya, jika kondisi telah memungkinkan segera lakukan perbaikan atau penggantian pada tangki bbm anda yang bocor tersebut.


KOPI BUBUK 

Cara lama yang masih manjur hingga saat ini adalah penggunaan bubuk kopi untuk menghilangkan bau tidak sedap pada interior mobil. Sifat kopi yang dapat menyerap bau membuatnya dapat dipercaya untuk menghilangkan bau yang disebabkan karena bekas muntah ataupun sekedar bau apek karena lembab. 

Cara penggunaannya pun juga mudah. Ambil kopi bubuk secukupnya yang dituangkan ke wadah seperti piring, lalu letakan kopi tersebut diatas karpet mobil dan biarkan semalaman. Niscaya bau tidak sedap akan berganti dengan aroma kopi.


KAPUR ANTISEMUT

Paling kesal tentunya bila mendapati barisan semut yang memenuhi kabin, bisa mengurangi kenyamanan mengemudi. Kumpulan semut tersebut muncul karena aroma makanan yang tersisa di kabin. Cara mengatasinya bisa dengan menggunakan kapur anti semut yang biasanya dipakai untuk di rumah. 

Caranya dengan menggoreskan kapur tersebut ke bagian yang kira-kira dapat menjadi jalur masuk semut seperti karet jendela atau sekitar konsol tengah. Tak hanya semut, kecoa pun dapat dihalau dengan kapur ini.


BODY LOTION

Dasbor atau karet jendela mobil anda kurang mengkilap? Tak usah risau. Bisa menggunakan body lotion sebagai pengganti silicon oil pada kondisi tertentu karena sifatnya yang sama-sama membuat glossy. Tak hanya untuk membuat kilap, body lotion juga dapat melenturkan material dasbor atau karet-karet yang mulai mengeras karena sifatnya yang melembabkan. ”Sudah saya coba, hasilnya kinclong sekali,” ujar Yudho dari Karimun Club Indonesia.


MINYAK KAYU PUTIH

Rupanya tak hanya manjur untuk menghangatkan tubuh, cairan ini dapat juga dimanfaatkan untuk mengatasi noda ringan yang kerap sulit dibersihkan seperti bekas lem stiker atau cipratan aspal. 

Caranya cukup tuangkan minyak kayu putih ke kain dan gosokkan diatas permukaan bodi atau kaca yang ternoda. Niscaya, noda akan terangkat dan selanjutnya tinggal dicuci dengan sabun. “Untuk sisa stiker yang membandel dapat dibantu dengan cutter,” ujar Andre dari New Xenia Avanza Community. 


MINYAK GORENG

Power steering berjenis hidraulis bisa saja mengalami kebocoran. Bila ditemui volume oli berkurang secara drastis maka segera boyong ke bengkel spesialis. Sialnya bila pelumas power steering hanya tersisa sedikit atau bahkan kosong, mau tidak mau harus mencari alternatif sementara pengganti pelumas tersebut. 

Minyak goreng yang berada di dapur bisa anda manfaatkan sebagai pengganti sementara pelumas power steering. “Untuk darurat saja supaya rotor blade tidak termakan,” sebut Rokhman spesialis power steering di kawasan lebak Bulus, Jaksel. Setelah itu segera bawa ke bengkel spesialis ya, untuk dilakukan penggantian pelumas yang sesuai. (mobil.otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa