Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kembalikan Warna Plastik Hitam Eksterior Mobil

Rabu, 24 Juni 2015 | 16:01 WIB
Ilustrasi. Bahan vinyl dipilar D ini masih asli
Dok. GridOto
Ilustrasi. Bahan vinyl dipilar D ini masih asli
 
Jakarta - Mobil sekarang sudah jamak menggunakan bahan plastik berwarna hitam pada beberapa bagian bodi, seperti bumper, trim disekitar wiper, dan kerap dianggap sepele untuk dibersihkan, padahal kalau kusam, tampilan mobil jadi kurang sedap dilihat.
 
Padahal, plastik tersebut terbuat dari bahan polyurethane yang memiliki pori-pori besar dimana kotoran mudah bersarang. Jika tidak sering dibersihkan, atau membersihkannya asal-asalan, warna hitamnya akan memudar dan membuat kendaraan Anda terkesan tak terawat.
 
Cara yang bisa digunakan untuk mengembalikan warna plastik mobil Anda adalah dengan menyemirnya secara teratur. Saat memilih semir, sebaiknya Anda memilih semir tanpa warna atau semir yang dilengkapi penghitam.
 
Setelah semir sudah ada, persiapkan pula peralatan lain seperti cairan pembersih dan sikat untuk mengangkat kotoran serta peralatan untuk mencuci mobil. Cuci bersih mobil terlebih dahulu agar kotoran yang menempel di bagian yang akan disemir tidak ikut tersemir.
 
Tunggu mobil sampai kering. Saat sudah bersih dan kering, mulailah dengan membersihkan bagian plastik yang warnanya telah pudar dengan menggunakan cairan pembersih.
 
Untuk penggunaan sikat, disarankan Anda menggunakan sikat yang bulunya agak kaku agar ampuh mengangkat kotoran dari pori-pori.
 
Lalu, semprotkan cairan pembersih plastik yang Anda punya dan langsung sikat bersih. Lakukan secara bertahap untuk menghindari pembersih mengering diatas permukaan plastik.
 
Tiap selesai membersihkan satu bagian, semprotkan air untuk membilas permukaan plastik. Jangan lupa juga untuk mengelap permukaannya dengan menggunakan lap lembap.
 
Setelah semua panel yang akan Anda semir kering, baru lakukan penyemiran. Seperti membersihkan plastik dengan cairan pembersih, Anda juga harus menyemirnya secara bertahap.
 
Oleskan semir sedikit demi sedikit di satu bagian lalu langsung poles menggunakan lap katun yang bersih. Selain menggunakan lap katun, Anda juga bisa menggunakan sikat sehingga semir bisa meresap ke pori-pori plastik.
 
Setelah semua bagian tersemir, tunggu beberapa saat. Langkah selanjutnya adalah menggosoknya dengan lap katun atau microfiber yang bersih dan kering agar warna hitam kembali.
 
Jika warna sudah kembali, hindari percikan lumpur yang dibiarkan sampai mongering, sampo mobil yang tidak dibilas hingga bersih, dan obat poles bodi mobil. Mudah kan? (mobil.otomotifnet.com)
 

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa