Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ada Komodo Jinak dan Ramah Lingkungan di IIMS

Bagja - Senin, 23 September 2013 | 05:01 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption


JAKARTA - Di depan stan GT Radial, ada Komodo tidak diikat dan tidak menggigit. Karena, bintang yang termasuk salah satu dari 7 keajaiban dunia itu merupakan robot. Dan lebih tidak terpacaya lagi, binatang reptil tersebut karya anak-anak berusia 7 tahun sampai 18 tahun dari sekolah robot Indonesia kerja sama dengan produsen ban GT Radial.

"Sesuai dengan tema pameran Smart Vehicle Mobility, karya ini sangat cocok sekali," jelas Arijanto Notorahardjo, GM Marketing dan Sales Retail PT Gajah Tunggal Tbk di stan GT Radial di IIMS. Ditegaskannya bahwa produk unggulannya seperti Champiro Eco ramah lingkungan. 


Termasuk robot Komodo. Karena, bahan-bahannya berasal dari barang bekas Unik karena robot komodo ini terbuat dari barang barang bekas. Mulai dari sukucadang sepeda motor dan mobil, konsol play station sampai bekas sarung jok mobil terdapat di bagian kepala Komodo.  

Robot Komodo digerakkan oleh pengendali jarak jauh ( remote control) mengandalkan beberapa motor servo, seperti keempat kaki dan kepala. "Untuk maju mundur dan belok terdapat motor servo kinetik juga," Jelas Jamal dari Robotik Eksplore. Daya gerak motor servo ini berasal dari 3 buah baterai kering lithium polymare dengan kapasitas 11,1 volt dan 7,2 volt.

Kemarin (22/9), Komodo ini berkompetisi di antaran dengan robot CCTV karya murid SMP Negeri 228 kelas 7 Sayyied dan Habieb. Karya mereka terinspirasi dengan maraknya pencurian di rumah-rumah.  (mobil.otomotifnet.com)

Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa