Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Setting Piggyback Harus Ubah Close Loop Jadi Open Loop?

billy - Rabu, 16 November 2011 | 13:04 WIB
No caption
No credit
No caption

Soket O2 sensor harus dilepas untuk mendapatkan settingan sempurna
Pada mesin injeksi dengan sistem close loop, semprotan injeksi bahan bakar secara otomatis disesuaikan dengan kondisi lingkungan sekitar. Air fuel ratio (AFR) akan selalu berada dalam kondisi ideal yang telah ditentukan oleh electronic control unit (ECU).

Salah satu komponen yang menjaga kondisi ini adalah O2 sensor di knalpot. Dari gas buang terbaca, apakah pembakaran terlalu kaya bahan bakar atau miskin. Kemudian sensor ini mengirim pesan ke ECU untuk menambah atau mengurangi pasokan bahan bakar.

Misalnya saat kondisi lingkungan panas dan kering, maka secara otomatis injektor akan menyemprotkan lebih banyak bahan bakar. Dan sebaliknya, ketika melaju di pegunungan yang dingin, suplai bahan bakar dikurangi.

Contoh sistem injeksi ini ada pada Honda CBR 250R dan hampir semua motor besar yang ada di pasaran. Sedang pada sistem injeksi tipe open loop seperti di Yamaha V-Ixion atau Honda Supra X 125 injeksi, semprotan bahan bakarnya akan fix. Kondisi lingkungan yang lembab atau panas tidak dihiraukan.

Meski lebih canggih, tapi sistem close loop kadang merepotkan ketika hendak memasang piggyback. Meski mapping pasokan bahan bakar sudah ditambah lewat piggyback, tapi akan dikembalikan ke kondisi semula.

"Solusinya soket O2 sensornya harus dilepas," ungkap Asep Supriyadi, mekanik Ngayun Motorsport yang memasang piggyback Juice Box pada KLX 250S. Hal serupa diakui Brahmantio, manager Sportisi Motorsport (SM).

"Memang sebaiknya dilepas. Kalau tidak settingan jadi lebih kaya," beber Brahmantio yang selalu menggunakan dynamomeer untuk melakukan remapping piggyback. "Saat close loop bekerja, AFR selalu 13,6 : 1," lanjutnya. 

Jadi, mau enggak mau harus di-non aktifkan  deh.. (motorplus-online.com) 


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa