Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kejar Rendah Emisi dan Irit, All New Avanza Diturunkan Torsinya

billy - Rabu, 9 November 2011 | 10:57 WIB
Kejar Rendah Emisi dan Irit, All New Avanza Diturunkan Torsinya
Bagja
Kejar Rendah Emisi dan Irit, All New Avanza Diturunkan Torsinya

Kejar Rendah Emisi dan Irit, All New Avanza Diturunkan Torsinya
Bagja
Kejar Rendah Emisi dan Irit, All New Avanza Diturunkan Torsinya
Jakarta - Janji PT Toyota Astra Motor dalam mengubah settingan mesin New Avanza agar makin irit dan rendah emisi terbukti. Kali ini pihak pabrikan asal Jepang itu menurunkan torsi dan tenaga dari  MPV 7-seater tersebut.

Perbedaan tersebut terlihat di mesin Avanza 1.300 cc yang torsinya kini 11,9 kg-m pada 4.400 rpm (sebelumnya 12,2 kg-m) pada putaran yang sama. Sedangkan mesin 1.500 cc kini menjadi 13,9 kg-m di 4.400 rpm, sebelumnya 14,4 kg-m, pada putaran yang sama.

Eits, meski angkanya torsinya makin kecil, tapi Toyota juga menjanjikan akselerasi yang makin yahud. Kok bisa?

Hal ini diakui oleh Joko Trisanyoto, Direktur Marketing PT TAM disela peluncuran New Avanza pada Rabu (9/11). Menurutnya meski torsinya makin kecil, tetapi rasio bobot dan tenaga lebih baik ketimbang versi lawasnya.

"Pengurangan tenaga dan torsi dilakukan agar New Avanza lebih rendah emisi dan irit BBM. Namun akselerasi tak kalah karena bobot mobil baru ini lebih enteng 30 kg dari versi lawasnya," ungkap Joko.

Ini juga didukung oleh pernyataan Johnny Darmawan, Presdir PT  TAM, yang mengatakan Toyota sudah mempermak mesin New Avanza agar lebih responsif tarikannya, juga makin irit BBM.

"Efisiensi BBM New Avanza pada versi 1.5 liter dari 11,2 km jadi 12 km perliter, sedangkan versi 1.3 liter yang sebelumnya 11,6 km menjadi 12,6 km perliter. Sementara akselerasi (0-100 km/jam) pada mesin 1.5 liter dari 12,1 detik jadi 11,9 detik. Sedangkan model 1.3 liter dari 12,5 detik jadi 11,9 detik saja," papar Johnny.

Jadi, meskipun torsinya turun, namun bukan berarti All New Avanza jadi lebi lemot. Malah, dengan kondisi sekarang, bakal semakin irit dan ramah lingkungan kan? (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa