Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tanggapan PT. Astra Daihatsu Motor, Edukasi Kepada Konsumen

billy - Senin, 7 November 2011 | 13:04 WIB
No caption
No credit
No caption

 
JAKARTA - “Spare parts palsu tentu memiliki performa yang sangat jauh berbeda dibandingkan dengan spare parts original. Karena spare parts palsu sengaja dibuat dengan menekan ongkos produksi agar bisa dijual dengan harga murah, sehingga menghiraukan faktor kepresisian dan durabilitasnya. Walaupun secara sekilas sangat mirip bentuknya,” ujar Rusli Lubis, Head Service Parts Divison PT. Astra Daihatsu Motor (ADM).

“Penggunaan spare parts palsu tentu sangat merugikan bagi pemilik kendaraan, selain umur pakai spare parts-nya lebih pendek, komponen pada mesin juga rawan mengalami kerusakan,” kata Rusli. “Sangat sulit untuk membedakan mana spare parts asli atau palsu. Dari segi kemasan hampir tidak ada bedanya, begitu pula dari fisik komponen,” lanjut pria ramah ini.

“Untuk memberantas peredaran spare parts tentu bukan perkara mudah, dan rasanya cukup mustahil. Cara yang paling efektif adalah dengan memberi edukasi pada konsumen,” saran Rusli. “Dengan mendekatkan diri pada konsumen, seperti memberikan layanan servis resmi yang lebih baik, garansi servis dan spare parts, rasanya konsumen akan lebih loyal menggunakan spare parts resmi,” tambahnya.

Cara yang paling mudah dan terpercaya untuk mendapatkan spare parts bergaransi dan terjamin adalah dengan mendatangi bengkel resmi. Dengan begitu, berarti konsumen mendapatkan beberapa keuntungan sekaligus. Yang pertama adalah garansi pembelian produk yang dimilikinya. Kemudian garansi pengerjaan servis mobil, serta garansi spare parts-nya. “Jika servis diluar bengkel resmi, tentu garansi akan hilang,” wanti Rusli.    (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa