Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Merawat Cd, Mata Optik Dan LCD Mobil

billy - Kamis, 1 September 2011 | 09:02 WIB
No caption
No credit
No caption

 
JAKARTA - Sebaiknya setelah memakai CD, letakkan kembali pada cover-nya (jewel case). Perlakuan khusus ini memang kerap terlupakan, terlebih bagi pemilik mobil yang kurang apik menjaga barang bawaannya di kabin. Tujuannya untuk menghindari gesekan dengan benda keras, terutama di sisi atas keping CD atau pada bagian yang terdapat embos.

Pasalnya selama ini, kalangan awam banyak yang menganggap kalau permukaan sisi bawahyang mesti dijaga agar tidak baret. Padahal bagian atas keping CD-lah yang paling vital.

Jika ada permukaan embos yang terkelupas, bisa menyebabkan file lagu pada bagian yang rusak tadi hilang, dan menyebabkan gejala skip. “Bagian atas CD yang terdapat sablonan (embos) sebenarnya menjadi tempat data layer ditaruh. Makanya diberi lapisan sablon, karena fungsinya sekaligus sebagai pelindung data layer,” jelas Indra Qadarsih, mastering yang juga mantan keyboardis band Slank ini.

Selain itu jangan sering membiarkan CD berada terus menerus di dalam head unit, terutama saat mobil sedang diparkir di bawah terik matahari. Sebab keping CD hanya sanggup bertahan dalam kondisi ekstrem hingga suhu 40 derajat Celcius, di atas itu bisa dipastikan cakram penyimpan data lagu Anda bakal rusak.

Jangan lupa membersihkan mata optik CD player menggunakan cairan pembersih khusus CD secara teratur. Jika pemakaiannya rutin, idealnya dibersihkan tiap 3 bulan sekali. Sebaiknya pakai keping CD pembersih tipe brush, karena tidak merusak permukaan lensa mata optiknya. Sementara untuk membersihkan layar monitor head unit cukup pakai lap kering dan bersih, dan sebaiknya kainnya lembut agar tak menggores permukaan LCD.  (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa