Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Merawat Mobil Selama Liburan, Menjaga Tekanan Angin Ban

billy - Selasa, 30 Agustus 2011 | 13:03 WIB
No caption
No credit
No caption

 
JAKARTA - Tekanan angin ban akan berkurang jika mobil lama parkir. Karena angin ban akan ke luar melalui pori-pori ban. “Untuk menjaga kondisi ban agar tidak kempes, perlu dipersiapkan dulu beberapa hal,” terang Daniel Sihite dari Sihite Motor, Pamulang, Tangerang Selatan, "Cek tekanan angin dengan Tyre Gauge, bila tekanan anginnya kurang dari 30 psi maka harus ditambah tekanan anginnya sampai batas minimal 35 psi," tuturnya.

Tetapi, sebenarnya bisa dilakukan pengisian angin dengan tekanan angin lebih banyak lagi, bisa mencapai 45 psi. Keuntungannya, bagian bawah ban akan tetap keras, sehingga bentuknya akan rata, setelah diparkir dalam waktu cukup lama.

Namun, apabila setelah diisi tekanan angin masih berkurang, dipastikan ada kebocoran. Untuk memeriksa kebocoran itu, bisa dengan cara mencuci telapak ban memakai sabun colek lalu periksa dengan teliti berbuih atau tidak. "Apabila berbuih maka telah terjadi kebocoran dan harus segera ditambal memakai tambal ban cacing (tubeless)," ungkap Daniel.    (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa