Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jeep Cherokee Country 1997, Off-Roader Masuk Mall

billy - Selasa, 22 Februari 2011 | 16:10 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta - Andai suatu saat melihat Jeep Cherokee Country hitam milik Muhammad Ikhsan ini kelayapan di mall-mall dan plaza ibukota, harap ingat asal muasalnya. Sebab tongkrongan macho dengan berbagai peranti perambah medan buruk ini bukan sekadar pajangan.

"Sudah empat tahun bentuknya seperti ini dan memang sering dipakai off-road," ujar pria yang baru saja memperoleh SIM sejak naik bangku kelas 12 (3 SMA, red).

Rupanya, setelah selama ini malang melintang beroff-road ria bersama ayah tersayang, Cherokee ini jatuh ke tangannya. "Biar dia yang pakai, karena sudah mengerti luar dalam mobil ini," bilang Iwan, sang ayah. Karena itu, meski siap diajak ‘bertempur' ke medan berat, disinyalir jalanan mulus pelataran mall bakal jadi habitat utamanya.


Towing Mopar di buritan melengkapi winch Warn 9.5 XP di moncong (kiri). Rooofrack custom bertebar lampu tembak Warn (kanan)

Empat tahun bermain Cherokee, paduan ayah-anak ini masuk kategori tifosi mobil jip buatan Amrik. Uniknya, selama itu pula besutan andalan terus dapat diandalkan tanpa banyak keluhan.

Intinya, ubahan yang dilakukan perlu diperhitungkan masak-masak agar tahan lama. "Saya pilih kit khusus yang memang dibuat untuk Cherokee," lanjut Iwan.

Misalnya, buat merambah lintasan berat ground clearance mobil harus dinaikkan. Untuk itu, dipilih kit suspension lift Skyjacker. Tampak di depan, penggunaan dropped arm Skyjacker untuk suspension lift 5 inci.

Paduannya, satu paket per depan Skyjacker 6 inci yang menyatu dengan sokbreker Redflow 12 inci non reservoir. Dropped pitman arm Skyjacker 6 inci pun dipasang buat menyesuaikan kemudi. Sementara per belakang asli diracik ulang dan dipadu sokbreker Fabtech.

Mesin standar masih mumpuni, hanya dapat exhaust system Borla. Hanya final gear yang diracik dengan hitungan 4:56. Gardan dengan isi Detroit Truetrack LSD menggerakkan mobil beralas pelek Mickey Thompson.

"Kalau mau off-road ekstrem, masih ada pelek MRW beadlock dan ban Super Swamper TSL 35 inci," kekehnya. Siap tempur setiap saat, dong!  (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa