Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Input Data Kota Tujuan Dengan Benar di GPS, Agar Tidak Kesasar

Editor - Kamis, 9 September 2010 | 07:51 WIB
No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Semua modul navigasi buat mobil umumnya dilengkapi opsi ketik alamat tujuan pada layar sentuhnya (touch screen). Tiga produk GPS  yang sebelumnya di bahas ini sama-sama memberikan kemudahan penggunanya, ketika harus memasukkan nama kota tujuan.

Hanya kemasannya saja yang berbeda satu dengan lainnya. Seperti pada Garmin Nuvi1460. Sebelum mengetik nama lokasi tujuan, mesti masuk ke opsi bergambar kaca pembesar. Pilih icon alamat kemudian ubah wilayah/provinsi sesuai rencana perjalanan.

No caption
No credit
No caption




No caption
No credit
No caption

Jangkauan peta satelit tak sekadar di pulau Jawa, untuk melancong ke semua provinsi di negeri ini cukup mengganti opsi ini
No caption
No credit
No caption

Isi semua opsi yang tersedia pada menu mencari alamat, dipastikan Anda sampai tujuan dengan benar


Meski tampilan peta bisa membingungkan pantauan, cukup berpedoman pada rute yang diberi warna sesuai petunjuk tiap produk

Ketik nama kota atau lokasi tujuan sedetail mungkin, untuk memungkinkan satelit mendeteksi peta perjalanan dengan benar. Jika setelah memasukkan nama kota belum juga tersedia data yang dibutuhkan, ulangi tahapan secara benar agar Anda bisa sampai tujuan.

Beralih tampilan peta pada layar monitor GPS. Mata pengemudi mesti jeli melihat peta penunjuk jalan. Namun jangan kuatir enggak kelihatan, sebab warna jalur perjalanan yang mesti dilewati umumnya diwarnai dengan kelir kontras.

Seperti pada MyGuide, jalur perjalanan diberi warna oranye pada siang hari, sementara di malam hari berubah jadi biru dengan arah lawan putih. Pada Travelink X728, rute diberi warna oranye diserta arah panah penunjuk arah yang mesti dilalui, berlaku untuk kondisi siang dan malam hari. Sementara Garmin Nuvi 1460, warna jalur yang harus dilalui diberi aksen ungu muda.

Ketiga produk GPS ini juga dilengkapi fitur suara berbahasa Indonesia. Namun jika Anda kurang suka lantaran bikin kaget di saat hening, bisa dimatikan atau mengecilkan volume suaranya. Lewat menu pengaturan atau alat. Setting pengaturan suara sesuai kebutuhan, kemudian kembali ke tampilan peta. Mudah bukan?

Penulis/Foto: Anton / Anton

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa