Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

City Car Boleh Buat Mudik Asal...???

Editor - Kamis, 2 September 2010 | 09:36 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - City car yang banyak beredar di jalanan, menandakan jenis kendaraan ini kian diminati. Tetapi apakah mobil mungil ini juga dapat diandalkan untuk dmudik?

Menilik segi dimensi, city car memang terlihat kurang besar, seperti Suzuki Karimun Estilo, Hyundai i10 , Chevrolet Spark atau Suzuki Splash. Tetapi tetap bisa diajak perjalanan jauh selama kondisinya prima. Memang ada yang kudu diperhatikan alias tidak asal langsung ngacir dibawa pulang kampung, demi keselamatan di jalan.

Misalkan Suzuki Karimun Estilo, “Jelas bisa dipakai mudik seperti yang banyak dipakai karyawan Suzuki. Bahkan Karimun bisa menempuh perjalanan hingga ke Sumatra. Apalagi bahan bakarnya irit, jadi biaya pulang kampung bisa dihemat,” jelas John Saragih, head of marketing planning brand I PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Harus diperhitungkan anggota keluarga yang ikut mudik enggak boleh lebih dari 4 orang. Lebih nyaman kalau dipakai oleh keluarga kecil. Begitu juga barang yang dibawa mengingat bagasi Karimun terbatas. “Kalau mau bawa barang lebih, mobil bisa dipasangkan roof rack,” katanya.

Pemilik city car lain seperti Chevrolet Spark dapat memaksimalkan fungsi roof rail standarnya tuh. Tinggal pasang roof rack buat dudukan boksnya. Jangan khawatir, boks ada ukuran kecil yang cocok buat city car.

“Kalau punya roof rail, lebih enak mengaturnya. Untuk Spark bisa pakai roof rack yang panjangnya 108 cm,” ujar Nike Savalas, brand executive Rodalink saat memasang boks merk Thule di markasnya di Sunter Agung Podomoro, Jakarta Utara.

No caption
No credit
No caption

Pertimbangkan bawa barang berlebih mengingat bagasi city car yang terbatas

Pilih boks yang sesuai, sehingga tak mengganggu saat buka pintu belakang

Rodalink yang dikenal sebagai jaringan outlet sepeda, juga sebagai distributor boks Thule dari berbagai ukuran. Khusus city car ada box tipe Pacific 100 Left berdimensi panjang 139 cm, lebar 90 dan tinggi 39 cm, seperti dipasang pada Spark ini.

Dengan berat 12 kg dan volume 370 liter, kapasitas 50 kg, komposisinya sangat pas buat mobil kecil. Bagian depan boks tidak melebihi atap mobil, belakangnya tidak mentok ketika pintu belakang dibuka ke atas.

“Ukuran lebih besar sedikit ada, volumenya 460 liter. Tetapi kalau yang besar, depan boks melewati kaca depan dan pintu belakang enggak bisa dibuka maksimal,” lanjut Nike.

Ia menyebut harga boks yang dipasang ini Rp 6.698.000, untuk ukuran 460 liter Rp 7.898.000. Roof racknya (Thule Rapid System 755+860) panjang 108 cm satu set Rp 2.998.000.

Monggo dipertimbangkan, mau bawa barang sedikit ataupun banyak, city car tetap bisa dipakai mudik. Kalau sudah siap, jangan lupa berdoa sebelum berangkat.


Penulis/Foto: Fend / F.Yosi

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa