Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Siapkan Cairan Cadangan Sebelum Mudik! Apa Aja Ya?

Editor - Sabtu, 14 Desember 1901 | 03:53 WIB
No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Bawa bekal untuk keperluan mudik dapat dianologikan sebuah ‘amunisi’ dan perjalanan adalah medan perangnya. Kebayang gak kalau lagi perang, amunisi habis dan gak ada back-up-nya? Makanya, strategi untuk selalu menyiapkan cairan cadangan yang dibutuhkan guna mendukung kinerja kendaraan wajib dilakukan. Apa saja amunisi yang perlu dibawa dan fungsinya? 

No caption
No credit
No caption


No caption
No credit
No caption

Minyak Rem

Oli Mesin
Sejatinya, hampir 90% durabilitas mesin tergantung dari kualitas oli yang dipakai. Untuk long trip seperti mudik dengan jarak tempuh ratusan kilometer, pastinya kualitas dan kondisi oli harus oke.

Salah satu yang jadi bahan perdebatan sampai saat ini adalah bolehkah mencampur oli mesin yang dipakai dengan merek lain? Ada pihak yang membolehkan dan ada juga yang melarang.

Salah satunya John Rowland, head Research chemist pelumas Fuch-Sikolene. Dikutip dari majalah Superbike edisi Januari 2010, ia mengatakan, tidak mengapa memakai oli campuran dari dua atau lebih oli mesin dengan merek berbeda. Yang gak boleh adalah mencampur oli yang berbeda peruntukan seperti oli mesin dengan oli gardan.

Namun pendapat Guntur dari bengkel Allkey Auto Sport, untuk mengantisipasi adanya efek negatif, sebaiknya oli mesin gak dicampur. Kalau oli mesin kurang, boleh ditambah dengan oli baru yang semerek dan sama kadar kekentalannya (SAE). So, bawalah oli mesin cadangan yang semerek dan sejenis.

Radiator Coolant
Kondisi mesin yang baik dan prima secara tidak langsung juga ditentukan oleh sistem pendingin mesin. Mesin kendaraan yang berkerja dapat menghasikan panas hingga 75-90ºC. Jika suhu terlalu tinggi, maka mesin akan overheating dan tidak bisa bekerja maksimal. Terlebih jika ketemu macet di tengah jalan.

Bagi pengguna mobil baru, radiator coolant (RC) memang sudah jadi air standar radiator. Disinyalir, cairan RC bisa bikin mesin lebih adem ketimbang kalau pakai air ledeng biasa. Nah tak haram kalau mau pakai RC pada mobil tua, yang penting kondisi saluran pendingin pada mobil tersebut harus bersih dan lancar.

Nah untuk jenis RC, Hartanto, fluids specialist toko Cahaya Maju, di Kebon Jeruk, Jakbar, menghimbau untuk bijak memilih RC. “Yang pasti, cari RC yang punya kadar PH netral.”

Pertanyaannya, bolehkah RC ditambahkan dengan merek lain? Hartanto menanggapi, akan lebih baik RC tidak dicampur dengan dua atau lebih merek berbeda. Sebab dikhawatirkan campuran dari RC dapat menghasilkan reaksi yang justru dapat menimbulkan karat. “Kalaupun kapasitas RC berkurang di tabung cadangan, tambahkan air biasa saja,” sarannya.

No caption
No credit
No caption

Raidator Coolant

Air Aki

Minyak Rem
Kapasitas minyak rem yang tidak pada batas yang dianjurkan dapat mengakibatkan rem tak bekerja optimal. Selain kelalaian manusia, penyebabnya lainnya bisa karena adanya kebocoran sehingga berkurangnya kadar minyak rem di tabung reservoir.

Selain itu, jangan mencampur minyak rem dengan spesifikasi yang berbeda. Seperti DOT3, DOT4, DOT5.1 dan DOT5. Makin tinggi angkanya, makin tinggi pula titik didihnya. Namun bila pencampuran dilakukan dalam level DOT yang sama, sah-sah saja.

Perihal pencampuran DOT berbeda tadi, hal itu bisa bikin karet-karet sil rusak. DOT3, DOT4 dan DOT5.1 memiliki bahan dasar glycol. Dalam kondisi darurat, DOT4 boleh dicampur dengan DOT3 dengan resiko turunnya titik didih.

Sedang untuk DOT5, tidak boleh dicampur pada DOT manapun karena bahan dasarnya terbuat dari silikon. Untuk itu, sebaiknya bawa minyak rem cadangan yang sesuai dengan DOT standar yang dipakai di mobil Anda.

Oli Power Steering
Cairan yang satu ini berhubungan langsung dengan kenyamanan saat mengemudikan stir kendaraan.

Periksalah kondisi oli power steering (PS) sebelum melakukan perjalanan jauh. Apabila oli sudah berubah warna, ganti baru. Perubahan warna oli ini disebabkan karena perubahan suhu yang tinggi akibat adanya tekanan tinggi dari pompa oli.

Oli PS sebaiknya dikuras tiap 20-25.000 km. Kalau kualitas oli yang sudah kurang tetap dipertahankan, hal itu dapat mengurangi kemampuan kerja dan dapat merusak komponen PS.

Jika jarak tempuh belum mencapai angka tersebut, cukup periksa volumenya saja. Jika kurang, tambahkan oli sampai batas yang ditentukan hanya dengan merek dan jenis yang sama.

Air Aki
Terdapat dua jenis aki yang beredar saat ini, yakni aki kering dan aki basah. Pada kendaraan tahun tua dan kendaraan secara umum, aki basah masih kerap diaplikasi. Kelemahannya, level air harus terus dipantau.

Periksa kondisi batas air aki sehari sebelum keberangkatan dan tiap 2 minggu sekali. Jika dalam perjalanan air aki dirasa berkurang, bisa tambahkan dengan air bebas mineral. Jangan gunakan air aki zuur (H2SO4) karena digunakan hanya untuk mengisi aki baru.

Penulis/Foto: Atenx / Atenk

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa