Rahasia Jawara Drifting Asal Indonesia

Editor - Sabtu, 14 Desember 1901 | 03:53 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Menjadi satu-satunya wakil Tanah Air yang berhasil menembus 8 besar Formula Drift Singapura(24-26/4) lalu, kekuatan Nissan Silvia 180SX milik Rhenadi Arinton terletak di bagian mesin dan kaki-kakinya. Apalagi dibangun oleh bengkel Under5ive Performance Garage di Malaysia, negara tempat Rhe menimba ilmu.

Mesin SR20DET berkapasitas 2.000 cc terpasang manis di balik kap mesin. Tujuan dari awal sudah jelas dan pasti. "Bikin spek mobil sesuai regulasi Formula Drift Asia," jelas mahasiswa di Malaysia ini. Jeroan blok bawah masih mengandalkan aslinya, hanya ganti piston Wiseco dengan camshaft dari Kelford.

Membesarnya diameter camshaft tentu harus dibarengi dengan mengganti per klep tipe double spring yang lebih keras. Pun masih dibantu suplai bahan bakar lebih banyak dari fuel pump Walbro dan Bosch 04.

No caption
No credit
No caption

Penguat sekaligus menambah rasa aman, roll cage dibuat sesuai spesifikasi FIA
No caption
No credit
No caption

Turbo Garret Pembuktian besaran tenaga yang dihasilkan, total hingga 340 dk
No caption
No credit
No caption

Tangki ATL tersimpan rapi dengan boks tertutup

Rem tangan jadi hidraulis, membuat reaksi Rhe lebih cepat kala inisiasi

Turbo juga berganti rupa. Garret GT3071R terpasang dengan pilihan setelan boost 1,2 bar atau 1,4 bar. Tak percuma lonjakan tenaga yang dihasilkan. "Power di setelan 1,2 bar dapat 310 dk, pada setelan 1,4 bar, tenaganya jadi 340 dk, on wheel," papar pehobi aneka gadget games  ini.

Lebih dari cukup untuk berlaga di ajang lokal, mengingat standarnya yang berkisar di 205 dk. Namun masih kurang kalau ingin berlaga di ajang Formula Drift luar yang sebagian besar sudah lebih dari 400 dk.

Kekuatan lain di kaki-kaki. Sistem suspensi coilover jadi keharusan. Jauh lebih gampang kini menyetel di derajat berapa camber yang diinginkan supaya roda bisa slide sempurna, untuk menghadapi beragam jenis tikungan dan aspal sirkuit.

Ace Suspension fully adjustable suspension system terpasang di depan belakang, plus adjustable camber system, juga di depan dan belakang dengan adjustable caster rod.


Penulis/Foto: Rio / Reza

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Editor

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa